PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS GAME PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK SD

Main Article Content

Armando Gianfrancho Orlando Nguru
Oktania Anggraini Wulandari
M. Bahtiar Arif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja siswa berbasis game pada mata pelajaran matematika untuk siswa kelas VI SD. Game dirancang agar siswa tidak cepat bosan, tertarik dengan proses pembelajaran dan meningkatkan minat belajar mandiri terhadap mata pelajaran matematika. Model pengembangan lembar kerja siswa berbasis game mengacu pada pengembangan 4-D (Four D Model) yang terdiri dari empat tahapan, yaitu : Define, Design, Development dan Dissemination. Penelitian ini dilakukan sampai tahap development (pengembangan) sebab adanya keterbatasan waktu, sehingga hanya dibatasi sampai pada kegiatan validasi dan tidak sampai pada bagian uji coba lembar kerja siswa berbasis game. Validasi kelayakan lembar kerja siswa berbasis game dilakukan oleh ahli media dan instrument pengumpulan data menggunakan angket validasi media. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif dihasilkan dari validator dan siswa, sedangkan data kuantitatif berupa skor dari lembar validasi oleh ahli media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lembar kerja siswa berbasis game telah memenuhi kriteria valid pada validasi media dengan presentase keseluruhan 79,24% dengan kategori baik. Lembar kerja siswa berbasis game untuk kelas VI SD layak untuk di uji cobakan.

Article Details

Section
Articles