PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL

Main Article Content

Antonia Efriana Osin
Nyamik Rahayu Sesanti
Retno Marsitin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana mengembangkan Lembar Kerja Pesera Didik (LKPD) berbasis pendekatan discovery learning pada pokok bahasan aritmetika sosial yang valid, praktis dan efektif.  Model pengembangan LKPD yang digunakan dalam penelitian  ini adalah model ADDIE  yang terdiri dari lima tahapan, yaitu: (1) tahap analisis, (2) tahap perancangan, (3) tahap pengembangan, (4) tahap implementasi, dan (5) tahap evaluasi. Subjek uji coba pada penelitian ini  adalah peserta didik kelas VII A SMP Negeri 10 Malang. Prosedur pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli, angket respon guru dan peserta didik, dan soal tes hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian ini diperoleh dari penilaian kevalidan LKPD oleh ahli materi, ahli media dan ahli pembelajaran memenuhi  kriteria valid dengan persentase rata-rata sebesar 80,74%; penilaian kepraktisan LKPD berdasarkan respon guru dan respon peserta didik memenuhi kriteria praktis dengan persentase rata-rata sebesar 84,4%; dan penilaian keefektifan LKPD berdasarkan hasil tes peserta didik memenuhi kriteria efektif dengan persentse ketuntasan secara klasikal sebesar 81,25%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis pendekatan discovery learning valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran matematika.

Article Details

Section
Articles