PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING DENGAN PENGGUNAAN MEDIA ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA
Main Article Content
Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII F di SMP Negeri 2 Wagir pada materi kubus dan balok. Berdasarkan hasil observasi, hasil belajar siswa masih dibawah rata-rata 65 sementara kriteria ketuntasan maksimal (KKM) yaitu 75. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Cara pengumpulan data menggunakan observasi, tes. Analisis data dilakukan dengan beberapa tahap, yaitu reduksi data, paparan data dan penyimpulan data sedangakan untuk mengecek keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi, ketekunan pengamatan dan pengecekkan sejawat. Hasil penerapan pembelajaran penemuan terbimbing dengan menggunakan media alat peraga yaitu (1) hasil observasi aktivitas guru dan siswa pada siklus I termasuk dalam kategori baik diperoleh aktivitas guru 83,11% sedangkan aktivitas siswa 79,23% dan siklus II hasil observasi aktivitas guru diperoleh 96,91% Sedangkan hasil observasi aktivitas siswa 95,75% termasuk dalam kategori sangat baik. (2) Meningkatnya ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I 68% dan siklus II 88%. Berdasarkan penelitian ini dengan menerapkan model pembelajaran penemuan terbimbing dengan penggunaan media alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
kata kunci: Penemuan Terbimbing, media alat peraga, dan hasil belajar