ANALISIS BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA STATISTIKA KELAS X

Main Article Content

Maria Firgula
Trija Fayeldi
Trija Fayeldi
Nur Farida

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil analisis berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Prosedur pengumpulan data adalah tes tertulis, wawancara dan catatan lapangan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian meliputi soal tes berpikir kritis peserta didik, kunci jawaban tes, pedoman wawancara rubrik penilaian tes berpikir kritis, dan lembar validasi soal. Pada penelitian ini dipilih tiga kategori yaitu kategori rendah, kategori sedang, dan kategori tinggi. Untuk setiap kategori dipilih dua subjek yang kemudian dianalisis. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini yaitu, untuk nomor satu indikator menginterprestasi terdapat 6 peserta didik yang mengerjakan, indikator menganalisis terdapat 13 peserta didik, indikator mengevaluasi terdapat 13 peserta didik, indikator membuat kesimpulan terdapat  10 peserta didik yang mengerjakan. Soal nomor dua indikator menginterprestasi terdapat 8 peserta didik yang mengerjakan, indikator menganalisis terdapat 11 peserta didik, indikator mengevaluasi terdapat 12 peserta didik dan indikator membuat kesimpulan terdapat  8 peserta didik yang mengerjakan. Selanjutnya soal nomor tiga indikator menginterprestasi terdapat 6 peserta didik yang mengerjakan, indikator menganalisis terdapat 12 peserta didik, indikator mengevaluasi terdapat 8 peserta didik dan indikator membuat kesimpulan terdapat  5 peserta didik yang mengerjakan.


 


Kata Kunci : Analisis berpikir kritis, soal cerita

Article Details

Section
Articles