PENERAPAN MODEL PQ4R UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 TUREN

  • Mifta Irene Nabila Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Siti Halimatus Sakdiyah Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Farida Nur Kumala Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
Keywords: PQ4R Model, Learning Achievement, Science

Abstract

IPAS learning at SD Negeri 3 Turen uses conventional, monotonous methods, causing
learning to be boring, thus making students forget the lesson material. The PQ4R model can help students improve memory skills because students are required to discover their own learning concepts. This research aims to describe the steps for PQ4R learning and the magnitude of the increase in learning achievement for class IV A students at SD Negeri 3 Turen. The type of research is Classroom Action Research (PTK). The research location is at SD Negeri 3 Turen. The research subjects were 30 students in class IV A, consisting of 13 men and 17 women. Data collection procedures included observation, tests and documentation. The results of research in cycle 1, the percentage of students who completed their studies was 70% with an average class score of 72.83. The results of the cycle 2 test analysis, the percentage of students who completed their studies was 80% with an average class score of 83.16. It can be concluded that the application of the PQ4R learning model can improve student learning achievement at SD Negeri 3 Turen.

References

Abidin, Y. (2012). Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama

Ahmad, F. Z., & Damayanti, M. I. (2013). Penerapan Strategi PQ4R untuk Meningkatkan Keterampilan
Membaca Pemahaman Pada Siswa Sekolah Dasar. JPGSD, 1(2), 1–8. Astuti, Sunarno, Sudarisman. 2012. Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Keterampilan Proses Sains Menggunakan Metode
Eksperimen Bebas Termodifikasi dan Eksperimen Terbimbing Ditinjau dari Sikap Ilmiah dan Motivasi
Belajar Siswa. INKUIRI: 51–59.

Anam, Khoirul. 2015. Pembelajaran Berbasis Inkuiri: Metode dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dalman. 2014. Keterampilan Membaca. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Daryanto. (2014). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah beserta contoh contohnya. Yogyakarta: Gava Media.

Daryanto. (2014). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah beserta contoh
contohnya. Yogyakarta: Gava Media. I

Djajadi, Muhammad. (2019). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Yogyakarta: Arti Bumi Intaran. Riadi.

Djamarah,Syaiful Bahri.(2010). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Muchlisin (2019, Maret 06). Penelitian Tindakan Kelas. Diakses dari
https://www.kajianpustaka.com/2019/03/penelitiantindakan-kelas-ptk.html

Muslich. (2009). Pembelajaran berbasis kompetensi dan kontekstual. Jakarta:Bumi Aksara. Noviyanti, T., Suripto. Dan Joharman, (2015) Penerapan Pembelajaran Strategi PQ4R Dalam Peningkatan Pembelajaran IPS Kelas V SD Negeri Karangasem 02. 3, (3), hlm. 1-8 Pramana, K. A. B., Lasmawan, I. W., & Marhaeni, A. A. I. N. (2014). Pengaruh Penerapan Pembelajaran PQ4R Kontekstual Terhadap Hasil Belajar IPS Dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas V SD Gugus I Gianyar. Jurnal Pendidikan Dasar Ganesha, 4(1), 1 11. Rahmadayanti, Hartoyo. 2022. Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4): 7176.

Daryanto. (2014). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah beserta contoh
contohnya. Yogyakarta: Gava Media. I Sinaga, S. (2016). “Penerapan Metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar.” (Skripsi) pada FIP UPI Bandung: Tidak diterbitkan

Sudjana. (2013). Metode Statistika. Bandung: Tarsito Sinaga, S. (2016). “Penerapan Metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar.” (Skripsi) pada FIP UPI Bandung: Tidak diterbitkan

Sugiyono. 2011. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan dan Implementasi pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Wahyuningsih Ary Nur, “Pengembangan Media Komik Bergambar Materi Sistem Saraf Untuk Pembelajaran yang Menggunakan Strategi PQ4R,” (2012), h.20.

Yanti Fitri . 2019. Upaya Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Memory Power Pada Mata Pelajaran Ipa di SD Negeri 2 Surulangun Rawas. Skripsi. Bengkulu: Fakultas Tarbiyah Dan Tadris (FTT) IAIN Bengkulu

Yulistiati, A., Rosyidi, A., & Ariyanto, J. (2012). Hasil belajar biologi ditinjau dari metode pembelajaran preview, question, read, reflect, recite, review (PQ4R) dan minat belajar siswa kelas x SMA negeri 1 kebakkramat tahun pelajaran 2011/2012. BIO-PEDAGOGI Volume 1, Nomor 1, 1(1), 1–12.
Published
2023-12-20