PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL FLIPBOOK BERBASIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SDN 1 SIDORENGGO KECAMATAN AMPELGADING MATERI EKOSISTEM

  • Indarwati Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
Keywords: Digital Media, Flipbook, Differentiated Learning, Learning Motivation.

Abstract

The research aims to increase students' learning motivation by using differentiated learning based on digital media assisted flipbooks and increasing students' learning motivation in class V SDN 1 Sidorenggo, Ampelgading District, Malang Regency in the Science subject on Ecosystems. The research method used is classroom action research. The instruments used were observation and questionnaires. The subjects in this study were class V elementary school with a total of 24 students consisting of 16 female students and 8 male students. The data obtained is then reduced, presented and concluded. Calculation of questionnaire data using a Likert scale. The results showed that students' learning motivation increased with the application of digital flipbook learning media based on differentiated learning. These results can motivate both teachers and students to apply the use of digital media as learning media in accordance with the demands and progress of the times.

References

Al-mashuri, Fata Muslim, Program Studi, dan Pendidikan Teknik. 2015. “Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas Xi Mata Pelajaran Sistem Bahan Bakar Konvensional Pada Sepeda Motor Di Smk Muhammadiyah 2 Wonosobo” 06 (01): 58–63.

Amanullah, Muhammad Abror. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital Guna Menunjang Proses Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0.” Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran 8 (1): 37. https://doi.org/10.24269/dpp.v0i0.2300.

Batubara, Hamdan Husein. 2021. Media Pembelajaran Digital. Diedit oleh Nur Asri. 1 ed. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Damanik, Bahrudu Efendi. 2019. “Pengaruh Fasilitas Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar.” Jurnal Publikasi Pendidikan 9 (Februari).

Faiz, Aiman, Anis Pratama, dan Imas Kurniawaty. 2022. “Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1.” Jurnal Basicedu 6 (2): 2846–53.
https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2504.

Febrita, Yolanda, dan Maria Ulfah. 2019. “Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.”

Firmadani, Fifit. 2020. “Media Pembelajaran Berbasis Teknologi sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0.”

Hapudin, H. Muhammad. 2021. “Teori Belajar dan Pembelajaran.” In Teori Belajar dan Pembelajaran : Menciptakan pembelajaran yang kreatif dan efektif, diedit oleh Rendy, 1 ed. Jakarta: Kencana.

Haryadi, Rudi, Hanifa Nuraini, Al Kansaa, Universitas Sultan, dan Ageng Tirtayasa. 2021. “Pengaruh Media Pembelajaran E-Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa” 7 (1): 68–73.

Kiki Yestiani, Dea, dan Nabila Zahwa. 2020. “Peran guru Dalam Pembelajaran Pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 4. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/fondatia.
م ل ع ي م ل ا م ن نس ل ل ق ل ٱ ب م ل ع ي ٥ Konseling dan Pendidikan Jurnal “2022. .Sevi ,Lestari 58.–1349 4: “ ل ٱ ٱ م ل ع ٤ م

Mahmudah, Fitri. 2021. “ Analisis Data Penelitian Kualitatif Manajemen Pendidikan Berbantuan Software Atlas.” In , diedit oleh Budi Asyhari. Yogyakarta: UAD PRESS.

Maryani, Eni, Preciosa Alnashava Janitra, dan Detta Rahmawan. 2019. Bias Gender dalam Artikel di Media Lokal. MACOM III Universitas Padjajaran 2019: Communication & Information Beyond Boundaries.

Nuryani, Luh, dan Ida Gede Surya Abadi. 2021. “Media Pembelajaran Flipbook Materi Sistem Pernapasan Manusia pada Muatan IPA Siswa Kelas V SD.” Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran 5 (2): 247. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.32934.

Rahayu, Diana, R Ading Pramadi, Meti Maspupah, dan Tri Wahyuni Agustina. 2021. “Penerapan Media Pembelajaran Flipbook Interaktif untuk Memingkatkan Hasil Belajar Siswa.” Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education 2 (2): 105–14.
https://doi.org/10.35719/mass.v2i2.66.

Sitepu, Ekalias Noka. 2021. “Media Pembelajaran Berbasis Digital.”
https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.195.

Sujana, Cong. 2019. “927-1942-2-PB.” Jurnal Pendidikan Dasar 4.

Suryani, Karmila, Iga Setia Utami, Khairudin Khairudin, Ariska Ariska, dan Ade Fitri Rahmadani.
2020. “Pengembangan Modul Digital berbasis STEM menggunakan Aplikasi 3D FlipBook pada Sistem Mata Kuliah Operasi.” Mimbar Ilmu 25 (3): 358–67.
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/view/28702.

Syam, Suhendi dkk. 2022. “Belajar Dan Pembelajaran.” In , diedit oleh Abdul Karim, 1 ed. Yayasan Kita Menulis.

SYAPARUDDIN, SYAPARUDDIN, MELDIANUS MELDIANUS, dan Elihami Elihami. 2020. “Strategi Pembelajaran aktif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PKn Peserta Didik.” Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 1 (1): 30–41.
https://doi.org/10.33487/mgr.v1i1.326.
Published
2023-12-20