PENERAPAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II DI SDN LOWOKWARU 2 MALANG

  • Reda Chusnul Budismania Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
Keywords: Contextual Teaching Learning, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) pada siswa kelas II SDN Lowokwaru 2 Malang dan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran Tematik pada siswa kelas II SDN Lowokwaru 2 Malang. Metode penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari empat komponen meliputi : perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Lowokwaru 2 Malang dengan jumlah 28 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan soal tes tertulis dalam bentuk essay untuk mengetahui hasil belajar siswa, pedoman observasi serta wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Penerapan pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) mampu menunjukkan pembelajaran yang aktif, kreatif, dan efektif karenanya dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada kegiatan pra-tindakan nilai rata-rata kelas 74 sedangkan persentase ketuntasannya adalah 64,2%. Pada siklus I mengalami peningkatan nilai rata rata yakni menjadi 91,57 sementara persentase ketuntasannya meningkat menjadi 85,71%. Kemudian pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar lagi siswa menjadi 93,42, dengan pesentasi ketuntasannya 92,85%. Dari hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) untuk siswa sekolah dasar dapat dikatakan berhasil meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Tematik.

References

Asep Jihad dan Abdul Haris. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Multi Presssindo. Hajar, Ibnu. 2013. Panduan Lengkap Kurikulum Tematik, Yogyakarta: Diva Press.

Jimmy Sapoetra. 2021. Contextual Teaching And Learning (CTL), (Online),

(https://pgsd.binus.ac.id/2021/12/08/contextual-teaching-and-learning

ctl/),diakses tanggal 9 November 2022.

Kiki Yestiani, Dea, dan Nabila Zahwa. 2020. “Peran guru Dalam Pembelajaran Pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 4.

https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/fondatia.

Rusmono. (2017). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu. Jakarta: Ghalia Indonesia

Sujana, Cong. 2019. “927-1942-2-PB.” Jurnal Pendidikan Dasar 4.

Sudjana, Nana. 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Trianto. 2016. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Zainal Aqib dkk. 2014. Penelitan Tindakan Kelas. Bandung: CV.Yrama Widya.

Published
2023-12-20