Pengaruh Gaya Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas 3 SDN Ngebruk 01 Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang
Abstract
Abstract: Low student learning motivation is often caused by the application of teacher teaching styles that are not in accordance with the wishes of students, so it is necessary to apply teacher teaching styles in the learning process that helps students increase student learning motivation. This study aims to determine the effect of variations in teacher teaching styles on student motivation. The method in this study used an associative quantitative method with the sample model used, namely 31 students of grade III at SDN Ngebruk 1 Poncokusumo Kab. Poor. Data collection using statement sheet instrument which is arranged based on theoretical reference indicators. The results of the research to test the hypothesis using the simple regression t test obtained a significance value data of 0.000 <0.05, with a coefficient value of 0.654, which means that the effect of teacher teaching style on student learning motivation is 65.4%. Based on the results of the study, it can be concluded that the implementation of variations in teacher teaching styles on student learning motivation has a significant effect. Therefore it is expected that teachers can apply variations in teaching styles when they meet students in order to create student learning motivation.
References
Arief S Sadiman, dkk. 2006. Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Borba, Michele. 2010. The Big Book of Parenting Solutions 101 Jawaban Sekaligus Solusi bagi Kebingungan dan Kekhawatiran Orang Tua dalam Menghadapi Permasalah Anak Sehari-hari. Tersedia di www.books.google.com [Diakses pada tanggal 03 Januari 2015].
Budiono, B. 2016. Pengaruh Motivasi dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Sistem Kopling Siswa Kelas XI SMK Cipta Karya Prembun Kebumen. Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, (Online), 7(1): 52-56, (https://ejournal.umpwr.ac.id), diakses 13 Mei 2020.
Dimyati & Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Cetakan ke-5. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, O. 2013. Proses Belajar Mengajar. Cetakan 15. Jakarta: Bumi Aksara.
Huda, M. 2015. Pengaruh Gaya Mengajar Guru dan Lingkungan Sekolah Terhadap Aktivitas Belajar Siswa di Sekolah Menengah Pertama Al-Islam Kalijambe Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Akuntansi UMS, (Online), 1(1): 1-12, (https://eprints.ums.ac.id), diakses 7 Mei 2020.
Ihjon, Ahiri, J. & Muharram, L. O. 2017. Pengaruh Gaya Mengajar Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Ekonomi Siswa SMA Negeri Berbasis K-13 di Kabupaten Konawe Selatan. Jurnal Wahana Kajian Pendidikan IPS, (Online), 1(1): 56-67, (https://ojs.uho.ac.id), diakses 7 Mei 2020.
Khuzaimah, R. 2011. Pengaruh Gaya Mengajar Guru dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi. Jurnal Ekonomi Unesa, (Online), 1(1): 27-35, (https://id.portalgaruda.org), diakses 10 Mei 2020.
Listianingsih. 2013. Pengaruh Motivasi Belajar dan Persepsi Siswa Mengenai Variasi Gaya Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal FKIP UMS, (Online), 1(1): 1-11, (https://eprints.ums.ac.id), diakses 10 Mei 2020.
Mawarsih, S. E., Susilaningsih & Hamidi, N. 2013. Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar pada Siswa SMA Negeri Jumapolo. Jurnal Penelitian (JUPE) UNS, (Online), 1(1): 1-13, (https://jurnal.fkip.uns.ac.id), diakses 10 Mei 2020.
Rahmat, H. & Jannatin, M. 2018. Hubungan Gaya Mengajar Guru dengan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris. el-Midad Jurnal Jurusan PGMI UIN Mataram, (Online), 10(2): 98-111, (https://journal.uinmataram.ac.id), diakses 2 Mei 2020.
Rajak, D., Nurwahdan & Iwan. 2018. Pengaruh Gaya Mengajar Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Motivasi Belajar pada Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 4 Kota Cirebon. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, (Online), 3(1): 119-136, (https://www.syekhnurjati.ac.id), diakses 10 Mei 2020.
Sucia, V. 2016. Pengaruh Gaya Komunikasi Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Komuniti UMS, (Online), 8(2): 112-126, (https://journal.ums.ac.id), diakses 7 Mei 2020.n
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Sujarweni, V. W. 2015. SPSS untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Sunadi, L. 2012. Pengaruh Motivasi Belajar dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mapel. Ekonomi Kelas XI IPS di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi, (Online), 1(1): 1-19, (https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id), diakses 13 Mei 2020.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2004. Malang: Dinas Pendidikan Kota Malang.
Uno, H. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Yamin, M. 2015. Teori dan Metode Pembelajaran: Konsepsi, Strategi dan Praktik Belajar yang Membangun Karakter. Malang: Madani (Kelompok Intrans Publishing) Anggota IKAPI.