Analisis Pendidikan Karakter Abad 21 Pada Siswa Kelas V SDN 3 Mulyoasri Kabupaten Malang

  • Imas Asri Pangestu*, Yulianti, Prihatin Sulistyowati Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Imas Asri Pangestu*, Yulianti, Prihatin Sulistyowati Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Imas Asri Pangestu*, Yulianti, Prihatin Sulistyowati Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
Keywords: Education; Character; 21st Century

Abstract

This study aims to determine the character education carried out at SDN 3 Mulyoasri Malang Regency, the implementation of character education that integrates the values ​​of PPK, and to know the constraints of implementing character education at SDN 3 Mulyoasri Malang Regency. The researcher used the research instruments of the interview sheet and the observation sheet (questionnaire) for the homeroom teacher, the homeroom teacher and the class V students. The research subjects were the homeroom teacher, the parents and the fifth grade students of SDN 3 Mulyoasri, Malang Regency. The data analysis technique used is an interactive model, namely data collection, data reduction, data presentation and drawing conclusions. The validity of the findings used technical triangulation and source triangulation. The research stage uses two stages, namely pre-field and field work. PPK that has been implemented with the implementation of each indicator with their respective constraints, especially due to developing technology.

References

Aldi, Setiawan.2017.Implementasi Optical Character Recognition (OCR) Pada Mesin Penerjemah Bahasa Indonesia Ke Bahasa Inggris.Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JustIN)1.2.
Ardi Novan Wiyani. 2013. Manajemen Kelas. Yogjakarta : Ar-Ruzz Media
Emzir. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan:Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.
Komara, Endang. 2018. Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21. SIPATAHOENAN: South-East Asian Journal for Youth, Sports & Health Education , 17-26.
Kepmendiknas (2016). Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa “Kesepakatan Nasional Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa” . 2010.
Labib, M. 2014. Implementasi Pendidikan Karakter Dan Pengaruhnya Terhadap Perilaku Akademik Siswa Kelas Vi Sd Negeri Jombang 1 Ciputat Jurusan Pendidikan Agama Islam.
Mujahidin. 2014. Panduan Penelitian Praktis Untuk Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Alfabeta.
Mustari, Menumbuhkan Pendidikan Karakter di Sekolah Melalui Pola Pembiasaan. Makalah disajikan pada seminar nasional Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial Membentuk Karakter Bangsa Dalam Rangka Daya Saing Global, Makassar, 29 Oktober 2016. https://ojs.unm.ac.id/PSN-HSIS/article/view/2730/1468.
Ningrum, Diah. “Kemerosotan Moral Di Kalangan Remaja: Sebuah penelitian Mengenai Parenting Styles dan Pengajaran Adab.” Unisia 37, no. 82 (October 2015): 18–30. https://doi.org/10.20885/unisia.vol.37.iss82.art3.
Pratama, Enggar Dista. 2018 . Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di SMK N 2 Pengasih. Disertasi Diterbitkan. https://eprints.uny.ac.id/57051/.
Prasetyo Utomo, Eko. “Internalisasi Nilai Karakter Gotong Royong Dalam Pembelajaran Ips Untuk Membangun Modal Sosial Peserta Didik.” Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS 3, no. 2 (October 31, 2018): 95–102. https://doi.org/10.17977/um022v3i22018p095 .
Sahronih, Siti. “Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Mengatasi Degradasi Moral Anak Sekolah Dasar Di Era Digital,” 2018, 6.
Setiawan, Wawan. 2017. “Era Digital dan Tantangannya,” n.d., 9. http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/151.
Sugiyarti Lina, dkk. 2018. Pembelajaran Abad 21 Di SD. Makalah disajikan dalam Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar 2018: Pembelajaran Abad 21 , 439-444.Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Surya, Yenni Fitra. “Penggunaan Model Pembelajaran Pendidikan Karakter Abad 21\ pada Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1, no. 1 (June 10, 2017): 52.https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.31.
Suyanto, Edi. 2012. Pendidikan dan PelatihanProfesi Guru (Pendalaman Materi Bahasa Indonesia).Bandarlampung: Universitas Lampung. 60 hlm.
Syaputra, Yogi dkk. “Metaanalisis karakter integritas siswa berbasis nilai Bundo Kanduang Era Revolusi Industri 4.0.” Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling 9, no. 2 (November 20, 2019): 165. https://doi.org/10.25273/counsellia.v9i2.5266
Thamrin, Elfifarahmi. (2018). Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Untuk Mengahadapi Abad 21. https://www.researchgate.net/publication/322674646_Peran_Guru_dalam_Membentuk_Karakter_Siswa_untuk_Menghadapi_Abad_21.
Urrohman, A. 2018. Pengaruh Penggunaan Internet Terhadap Perilaku Siswa Dalam Mencari Informasi di SMP N 2 Lohbener. Jakarta: AdH UIN Syarif Hidayatulloh.
Widodo, dkk. (2018). Penumbuhan Nilai Karakter Nasionalis Pada Sekolah Dasar di Kabupaten Jayapura Papua. 22, no. 1 (n.d.): 12.
Published
2020-11-12