Pengaruh Metode Sosiodrama Terhadap Perkembangan Moral Anak Usia 5-6 Tahun di RA Al-Ikhlas Gadingkembar Kabupaten Malang
Abstract
Perkembangan moral anak kelompok B di RA Al-Ikhlas Gadingkembar kabupaten malang
masih kurang maksimal, berdasar observasi peneliti menemukan permasalah-permasalah pada
setiap anak, permasalahan yang pertama anak belum mampu untuk bersikap sabar, anak
belum mampu bersikap jujur, anak belum mampu menjaga kebersihan diri maupun
lingkungan. Berdasarkan pengamatan tersebut peneliti menemukan ide, gagasan rencana atau
melakukan penelitian eksperimen dengan menggunakan kegiatan metode sosiodrama di RA
Al-Ikhlas gadingkembar kabupaten malang dengan masalah sebagai berikut, pertama
bagaimana perkembangan moral anak sebelum menggunakan metode sosiodrama, kedua
bagaimana proses pelaksanaan metode soaiodrama, ketiga apakah metode sosiodrama dapat
meningkatkan perkembangan moral anak.
Tujuan peneliti ini adalah untuk mengetahui perkembangan moral anak kelompok B di RA
Al-Ikhlas Gadingkembar Kabupaten Malang. Untuk mengetahui perkembangan moral anak
maka peneliti menggunkan metode sosiodrama untuk meningkatkan perkembangan moral
anak kelompok B di RA-Al Ikhklas kabupaten malang.
Metode penelitian ini berupa penelitian metode pre-eksperimen dengan menggunakan
pendekatan kuantitatif yang dilaksanakan oleh peneliti dan dibantu oleh guru kelas sebagai
kolabolator. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok . B berjumlah 15 anak dengan rincian
6 laki-laki dan 9 perempuan sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan
menggunakan metode sosiodrama.
Terdapat pengaruh yang signifikan dari metode sosiodrama, hal ini dibuktikan dengan
jumlah rata-rata nilai pre-test dan pos-test yang diolah menggunakan uji t dengan nilai t hitung
sebesar 0,55 dengan signifikan 0.000 yang artinya nilai probabilitas <0,05 Ho ditolak dan H1
diterima. Artinya anak yang diajar menggunakan metode sosiodrama mempunyai pengaruh
pada perkembangan moral.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran melalui metode
sosidrama dapat dikatakan berhasil karena dapat meningkatkan perkembangan moral anak
usia din i