Pengaruh Permainan Tradisional Engklek Deprok terhadap Perkembangan Keseimbangan Anak Didik di Kelompok B di TK Insan Kamil Gadang Malang

  • Hendlidia Orenti Deno Universitas Kanjuruhan Malang
Keywords: permainan tradisional, engklek deprok, keseimbangan

Abstract

Saat ini banyak permainan modern yang kurang mengembangkan perkembangan

sosial anak, yang diinginkan hanya perkembangan kognitif atau intelektualnya saja.

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan tradisionl

engklek deprok terhadap perkembangan keseimbangan anak didik kelompok B diTK

Insan Kamil Gadang Malang.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian

eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah anak kelompok B TK Insan

Kamil Gadang.Hasil penelitian diketahui nilai signifikan untuk pengaruh X terhadap

Y adalah sebesar 0,00 ˂ 0,05 jadi ada pengaruh permainan tradisional engklek

Deprok terhadap perkembangan keseimbangan anak didik kelompok B di TK Insan

Kamil Gadang Malang. Berdasarkan hasil uji z diatas diketahui signifikan 0,02 <

0,05 sehingga dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak Hal ini membuktikan

bahwa terdapat pengaruh permainan tradisional engklek Deprok terhadap

perkembangan keseimbangan anak didik kelompok B TK Insan Kamil Gadang

Malang

Copyright ©2019 Hendlidia Orenti Deno1All Right Reserved

Published
2019-12-17