Pengaruh Permainan Tradisional Engklek Deprok terhadap Perkembangan Keseimbangan Anak Didik di Kelompok B di TK Insan Kamil Gadang Malang
Abstract
Saat ini banyak permainan modern yang kurang mengembangkan perkembangan
sosial anak, yang diinginkan hanya perkembangan kognitif atau intelektualnya saja.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan tradisionl
engklek deprok terhadap perkembangan keseimbangan anak didik kelompok B diTK
Insan Kamil Gadang Malang.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian
eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah anak kelompok B TK Insan
Kamil Gadang.Hasil penelitian diketahui nilai signifikan untuk pengaruh X terhadap
Y adalah sebesar 0,00 ˂ 0,05 jadi ada pengaruh permainan tradisional engklek
Deprok terhadap perkembangan keseimbangan anak didik kelompok B di TK Insan
Kamil Gadang Malang. Berdasarkan hasil uji z diatas diketahui signifikan 0,02 <
0,05 sehingga dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak Hal ini membuktikan
bahwa terdapat pengaruh permainan tradisional engklek Deprok terhadap
perkembangan keseimbangan anak didik kelompok B TK Insan Kamil Gadang
Malang
Copyright ©2019 Hendlidia Orenti Deno1All Right Reserved