Efektivitas Model Problem-Based Learning (PBL) Berbasis Rules Of Group (ROG) dalam Pembelajaran IPA

  • farida nur kumala Universitas Kanjuruhan Malang
  • putri ridiatus Universitas Kanjuruhan Malang
Keywords: IPA,, hasil belajar, problem based learning, rules of group, cooperative

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa

dengan menggunakan model Problem-Based Learning berbasis Rules

Of Group. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimental dengan

rancangan penelitian Nonequivalen Control Group Design. Sampel

yang digunakan adalah kelas VA sebagai kelas eksperimen dan VB

sebagai kelas kontrol di SDN Kebonsari 1 Kota Malang. Instrumen

penelitian yang digunakan aalah observasi dan tes. Hasil analisis data

menunjukkan bahwa kelas eksperimen mendapatkan skor lebih tinggi

dibandingkan kelas kontrol. Data yang diperoleh menggunakan analisis

Independent Sample T-Test. Dari hasil tersebut diketahui bahwa thitung

sebesar 5,347 lebih besar dari ttabel (> 0,220) dan nilai signifikansi 5%

menunjukkan 0,00 < 0,05, oleh karena itu hipotesis alternatif dapat

diterima. Dengan demikian terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang

menggunakan dan tidak menggunakan model Problem Based Learning

berbasis Rules Of Group. Diharapkan dengan menggunakan model

Problem Based Learning berbasis Rules Of Group, siswa akan lebih

mudah memahami materi dan dapat menyelesaikan permasalahan

dalam kehidupan sehari-hari.

Copyright © 2019.Farida Nur Kumala. All Right Reserved

Published
2019-12-17