Efektivitas Model Problem-Based Learning (PBL) Berbasis Rules Of Group (ROG) dalam Pembelajaran IPA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa
dengan menggunakan model Problem-Based Learning berbasis Rules
Of Group. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimental dengan
rancangan penelitian Nonequivalen Control Group Design. Sampel
yang digunakan adalah kelas VA sebagai kelas eksperimen dan VB
sebagai kelas kontrol di SDN Kebonsari 1 Kota Malang. Instrumen
penelitian yang digunakan aalah observasi dan tes. Hasil analisis data
menunjukkan bahwa kelas eksperimen mendapatkan skor lebih tinggi
dibandingkan kelas kontrol. Data yang diperoleh menggunakan analisis
Independent Sample T-Test. Dari hasil tersebut diketahui bahwa thitung
sebesar 5,347 lebih besar dari ttabel (> 0,220) dan nilai signifikansi 5%
menunjukkan 0,00 < 0,05, oleh karena itu hipotesis alternatif dapat
diterima. Dengan demikian terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang
menggunakan dan tidak menggunakan model Problem Based Learning
berbasis Rules Of Group. Diharapkan dengan menggunakan model
Problem Based Learning berbasis Rules Of Group, siswa akan lebih
mudah memahami materi dan dapat menyelesaikan permasalahan
dalam kehidupan sehari-hari.
Copyright © 2019.Farida Nur Kumala. All Right Reserved