Pengembangan Media Hula-Hula Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa pada Anak Kelompok B di TK Muslimat NU 14 Malang

  • endang sulastri Universitas Kanjuruhan Malang
  • Henni Anggraini
  • siti muntomimah
Keywords: media hula hop, kemampuan bahasa anak

Abstract

This study aimed to develop media Hula-Hula in improving language skills in children of

group B in Kindergarten of Muslimat NU 14 Malang. The research design used research

and development. The number of subjects was all children of group B amount 24 children in

Kindergarten of Muslimat NU 14 Malang divided into 6 children in small groups and 18

children in large groups for the trial. Data collection used interview, observation and

questionnaire. The results of the development of media hula-hula products are (1) media

hula-hula consist of games maze, memory and word chess; (2) each game has its own way of

playing; (3) the use of media hula-hula does individually, in pairs or in groups and (4)

media is made attractive, enjoyable and safe for children. The data from small group and

large group had aspects of ease and attractiveness of media hula-hula which obtained

91.50% for small groups and 95.70% for large groups, thus according to the percentage

classification between 80% -100% then media hula-hula can be used as an alternative

learning media that is interesting, fun and safe for children.

Copyright ©2019 Endang Sulastri1, Henni Anggraini, M.Psi2, Siti Muntomimah, M.Pd3All Right Reserved

Abstrak

Tujuan penelitihan dan pengembangan ini adalah untuk mengembangkan media Hula-Hula dalam meningkatkan

kemampuan bahasa pada anak kelompok B di TK Muslimat NU 14 Malang. Metode penelitian menggunakan penelitian

dan pengembangan (research and development). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B yang

berjumlah 24 anak di TK Muslimat NU 14 Malang yang terbagi dalam 6 anak di kelompok kecil dan 18 anak di

kelompok besar untuk uji coba. Instrumen pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan angket. Hasil

pengembangan produk media hula-hula adalah (1) media hula-hula terdiri dari permainan maze, memori dan catur kata;

(2) setiap permainan memiliki cara bermain sendiri; (3) penggunaan media hula-hula dapat dilakukan secara individu,

berpasangan maupun berkelompok dan (4) media dibuat menarik, menyenangkan dan aman digunakan oleh anak. Data

keseluruhan dari uji kelompok kecil dan kelompok besar meliputi aspek kemudahan dan kemenarikan media hula-hula

memperoleh persentase 91,50% untuk kelompok kecil dan 95,70% untuk kelompok besar, dengan demikian menurut

klasifikasi persentase yaitu antara 80%-100% maka media hula-hula dapat digunakan sebagai salah satu alternatif media

pembelajaran yang menarik, menyenangkan dan aman bagi anak

Published
2019-12-17