Pengembangan Media Hula-Hula Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa pada Anak Kelompok B di TK Muslimat NU 14 Malang
Abstract
This study aimed to develop media Hula-Hula in improving language skills in children of
group B in Kindergarten of Muslimat NU 14 Malang. The research design used research
and development. The number of subjects was all children of group B amount 24 children in
Kindergarten of Muslimat NU 14 Malang divided into 6 children in small groups and 18
children in large groups for the trial. Data collection used interview, observation and
questionnaire. The results of the development of media hula-hula products are (1) media
hula-hula consist of games maze, memory and word chess; (2) each game has its own way of
playing; (3) the use of media hula-hula does individually, in pairs or in groups and (4)
media is made attractive, enjoyable and safe for children. The data from small group and
large group had aspects of ease and attractiveness of media hula-hula which obtained
91.50% for small groups and 95.70% for large groups, thus according to the percentage
classification between 80% -100% then media hula-hula can be used as an alternative
learning media that is interesting, fun and safe for children.
Copyright ©2019 Endang Sulastri1, Henni Anggraini, M.Psi2, Siti Muntomimah, M.Pd3All Right Reserved
Abstrak
Tujuan penelitihan dan pengembangan ini adalah untuk mengembangkan media Hula-Hula dalam meningkatkan
kemampuan bahasa pada anak kelompok B di TK Muslimat NU 14 Malang. Metode penelitian menggunakan penelitian
dan pengembangan (research and development). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B yang
berjumlah 24 anak di TK Muslimat NU 14 Malang yang terbagi dalam 6 anak di kelompok kecil dan 18 anak di
kelompok besar untuk uji coba. Instrumen pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan angket. Hasil
pengembangan produk media hula-hula adalah (1) media hula-hula terdiri dari permainan maze, memori dan catur kata;
(2) setiap permainan memiliki cara bermain sendiri; (3) penggunaan media hula-hula dapat dilakukan secara individu,
berpasangan maupun berkelompok dan (4) media dibuat menarik, menyenangkan dan aman digunakan oleh anak. Data
keseluruhan dari uji kelompok kecil dan kelompok besar meliputi aspek kemudahan dan kemenarikan media hula-hula
memperoleh persentase 91,50% untuk kelompok kecil dan 95,70% untuk kelompok besar, dengan demikian menurut
klasifikasi persentase yaitu antara 80%-100% maka media hula-hula dapat digunakan sebagai salah satu alternatif media
pembelajaran yang menarik, menyenangkan dan aman bagi anak