Penerapan Bermain Dadu Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Tunarungu Usia 5-7 Di Taman Kanak-Kanak Luar Biasa B Putra Jaya Malang

  • Atik Maria Universitas Kanjuruhan Malang
  • Henni Anggraini
  • Sarah Emmanuel Haryono
Keywords: kemampuan berhitung, anak tunarungu, permainan dadu

Abstract

Kemampuan dan kemauan berhitung anak tunarungu di TK LB Putra Jaya Malang sudah

mulai berkembang karena anak sudah bisa mengingat dan menulis angka yang ada di dadu

sejak saat mereka melempar dadu dan mereka menulis di papan tulis, namun untuk berhitung

masih belum bisa, sehingga peneliti membuat permainan dadu untuk memudahkan cara

berhitung anak tunarungu. Penggunaan alat bermain dadu dalam pembelajaran diharapkan

sesuai dengan rumusan penelitian yaitu untuk meningkatkan kemampuan berhitung pada anak

tunarungu pada kelompok B di TKLB Putra Jaya Malang. Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

yang dilaksanakan 2 siklus kajian 3 kali pertemuan setiap pertemuan 60 atau 2 jam pelajaran

dan dilakukan di luar kelas. Penelitian ini dimana terdapat empat kali pertemuan dan melalui

empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini

adalah anak kelompok B TKLB Putra Jaya Malang yang berjumlah 3 anak. Teknik

pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan unjuk karya. Analisis data

dilakukan dengan deskriptif kualitatif ataupun kuantitatif. Hasil penelitian ditunjukkan bahwa

peningkatan kemampuan berhitung melalui permainan dadu terbukti pada anak kelompok B

TKLB Putra Jaya Malang. Hal tersebut ditunjukkan dengan pada siklus pertama, rata-rata

nilai kemampuan berhitung adalah 6 dan pada siklus kedua sebesar 11.67.

Copyright © 2019 Atik Maria 1*, Henni Anggraini 2 , Sarah Emmanuel, H, 3 All Right Reserved

Published
2019-12-17