Penerapan Bermain Dadu Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Tunarungu Usia 5-7 Di Taman Kanak-Kanak Luar Biasa B Putra Jaya Malang
Abstract
Kemampuan dan kemauan berhitung anak tunarungu di TK LB Putra Jaya Malang sudah
mulai berkembang karena anak sudah bisa mengingat dan menulis angka yang ada di dadu
sejak saat mereka melempar dadu dan mereka menulis di papan tulis, namun untuk berhitung
masih belum bisa, sehingga peneliti membuat permainan dadu untuk memudahkan cara
berhitung anak tunarungu. Penggunaan alat bermain dadu dalam pembelajaran diharapkan
sesuai dengan rumusan penelitian yaitu untuk meningkatkan kemampuan berhitung pada anak
tunarungu pada kelompok B di TKLB Putra Jaya Malang. Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
yang dilaksanakan 2 siklus kajian 3 kali pertemuan setiap pertemuan 60 atau 2 jam pelajaran
dan dilakukan di luar kelas. Penelitian ini dimana terdapat empat kali pertemuan dan melalui
empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini
adalah anak kelompok B TKLB Putra Jaya Malang yang berjumlah 3 anak. Teknik
pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan unjuk karya. Analisis data
dilakukan dengan deskriptif kualitatif ataupun kuantitatif. Hasil penelitian ditunjukkan bahwa
peningkatan kemampuan berhitung melalui permainan dadu terbukti pada anak kelompok B
TKLB Putra Jaya Malang. Hal tersebut ditunjukkan dengan pada siklus pertama, rata-rata
nilai kemampuan berhitung adalah 6 dan pada siklus kedua sebesar 11.67.
Copyright © 2019 Atik Maria 1*, Henni Anggraini 2 , Sarah Emmanuel, H, 3 All Right Reserved