Pelayanan Pendidikan Moral Dalam Membentuk Karakter Anak Autis
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mengkaji pelayanan pendidikan moral dalam membentuk karakter anak autis di Unit Pelaksanaan Teknis (UPT) Layanan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), dalam penelitian iniĀ menggunakan pendekan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah pelayanan pendidikan moral dalam membentuk karakter anak autis yang religius, disiplin, mandiri dan bersahabat/komunikatif serta bagaimana cara mengatasi kendala-kendala yang dihadapi. Pendidikan yang diperoleh anak autis juga harus didukung dengan terapi yang rutin, dan membutuhkan peran orang ketiga untuk membantu mengarahkannya, dengan menggunakan media belajar seperti gambar-gambar visual (visual suport). Dari hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa pendidikan moral yang diberikan juga harus disesuaikan dengan kemampuan dan karakteristik dari setiap anak autisnya. Setiap kendala-kendala yang dihadapi oleh terapis dapat teratasi jika orangtua anak autis dan pihak luar lainnya dapat mendukung setiap program yang diadakan di UPT, sehingga baik itu pendidikan maupun terapi yang diberikan dapat tersampaikan dengan baik.