Meningkatkan Kemampuan Sains Melalui Pendekatan High Order Thinking Skill Pada Kelompok B di TK Mutiara Iman Pakisaji Kabupaten Malang
Abstract
Penelitian ini bertujuanĀ untuk mengetahui kemampuan sains melalui kegiatan percobaan air mengalir dari dataran yang tinggi ke dataran yang rendah anak kelompok B di TK Mutiara Iman Pakisaii Kota Malang danĀ mengetahui langkah-langkah meningkatkan kemampuan sains pada anak didik kelompok B TK Mutiara Iman Pakisaji Kota Malang. Metode Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah anak-anak TK Mutiara Iman Pakisaji Kota Malang yang berjumlah 14 anak yang terdiri dari 9 anak perempuan dan 5 anak laki-laki. Obyek penelitian adalah tentang kemampuan sains. Hasil penelitian pada siklus I kemampuan sains anak meningkat mencapai 56,02%, pada siklus II kegiatan percobaan air mengalir dari dataran yang tinggi kedataran yang rendah 81,02%. Penelitian dihentikan pada siklus II karena sudah menempuh kriterial keberhasilan indikator.