Meningkatkan Kemampuan Sains Melalui Pendekatan High Order Thinking Skill Pada Kelompok B di TK Mutiara Iman Pakisaji Kabupaten Malang

  • Theresia Sao Bhato Universitas Kanjuruhan Malang
  • ayu asmah Universitas Kanjuruhan Malang
Keywords: Kemampuan sains,, pendekatan high order thinking skill (HOTS)

Abstract

Penelitian ini bertujuanĀ  untuk mengetahui kemampuan sains melalui kegiatan percobaan air mengalir dari dataran yang tinggi ke dataran yang rendah anak kelompok B di TK Mutiara Iman Pakisaii Kota Malang danĀ  mengetahui langkah-langkah meningkatkan kemampuan sains pada anak didik kelompok B TK Mutiara Iman Pakisaji Kota Malang. Metode Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah anak-anak TK Mutiara Iman Pakisaji Kota Malang yang berjumlah 14 anak yang terdiri dari 9 anak perempuan dan 5 anak laki-laki. Obyek penelitian adalah tentang kemampuan sains. Hasil penelitian pada siklus I kemampuan sains anak meningkat mencapai 56,02%, pada siklus II kegiatan percobaan air mengalir dari dataran yang tinggi kedataran yang rendah 81,02%. Penelitian dihentikan pada siklus II karena sudah menempuh kriterial keberhasilan indikator.

Published
2019-12-17