Pengaruh Permainan Pasaran Sebagai Media Untuk Mengembangkan Kemampuan Interpersonal Anak Usia Dini Kelompok B Di TK Model Kota Malang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa adakah pengaruh permainan pasaran sebagai media untuk mengembangkan kemampuan interpersonal anak usia dini kelompok B Di TK Model Kota Malang.. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-experimental dengan menggunakan one group pre-test, pos-ttest. Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 16 anak. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t yang diolah menggunakan SPSS 22,0 windows. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai rata-rata pengaruh permainan pasaran sebagai media untuk mengembangkan kemampuan interpersonal anak usia dini dari hasil penelitian dengan menggunakan uji t, maka nilai t dilihat dari Mean Difference pada kelompok B dengan nilai pretest sebesar 6,681250 dan nilai post-test 6,688750 dengan signifikansi sebesar 0,000 yang berarti kurang dari 0,05. Dari hasil tersebut dapat terlihat adanya perbedaan yang signifikan sebelum diberi perlakuan dan sesudah diberi perlakuan berupa metode pembelajaaran permainan pasaran makro. Hal ini menunjukan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Oleh karena itu, pada penelitian ini terdapat pengaruh permainan pasaran sebagai media untuk mengembangkan kemampuan interpersonal anak usia dini.