Efektifitas Token Ekonomi Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Usia 4-5 Tahun di TK Dharma Wanita 05 Pagak Kabupaten Malang
Abstract
Konsentrasi adalah salah satu faktor yang sangat mempengaruhi perkembangan keberhasilan seorang anak dalam proses belajar mengajar. Dari permasalahan yang ditemukan yaitu kurangnya daya konsentrasi anak usia 4-5 tahun di TK Darma Wanita 05 Pagak Kabupaten Malang sehingga menimbulkan situasi kelas yang kurang kondusif. Maka peneliti melakukan penelitian dengan cara pemberian token ekonomi untuk meningkatkan konsentrasi belajar anak. Token ekonomi merupakan suatu wujud modifikasi perilaku, yang dirancang untuk meningkatkan perilaku yang diinginkan dan mengurangi perilaku yang tidak diinginkan dengan pemakaiaan token (tanda-tanda). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh token ekonomi terhadap kemampuan konsentrasi belajar anak usia 4-5 tahun di TK Darma Wanita 05 Pagak Kabupaten Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitia pre-eksperimen desaign dengan menggunakan one group pre-test post-test. Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 16 anak. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t yang diolah menggunakan SPSS 22,0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai rata-rata kemampuan membaca permulaan pada saat pre-test sebesar 19,170 dan pada saat post-test sebesar 24,951 dengan nilai signifikan 0,000<0,05. Dari hasil tersebut dapat terlihat adanya perbedaan yang signifikan sebelum diberi perlakuan dan sesudah diberi perlakuan berupa pemberian token ekonomi dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan adanya pemberian token ekonomi dapat meningkatkan konsentrasi belajar anak usia 4-5 tahun di TK Dharma Wanita 05 Pagak Kabupaten Malang tahun 2018/2019.