Meningkatkan Kemampuan Memainkan Alat Musik melalui Permainan Rebana Pada Anak Kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan 02 Candirenggo Kecamatan Singosari Kabupaten Malang

  • Yetik Setyaningsih Universitas Kanjuruhan Malang
Keywords: Memainkan alat musik, permainan rebana

Abstract

Mengenalkan anak pada alat musik merupakan hal yang cukup penting, karena dengan musik maupun alat musik tertentu maka anak akan lebih peka terhadap persepsi bunyi yang ada dilingkungan sekitar. Berdasarkan observasi pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan 02 Candirenggo dengan anak didik sejumlah 17, yaitu anak yang dapat memainkan alat musik misalnya memukul meja sebanyak 5%, anak yang mampu memukul meja atau galon namun masih belum mandiri sebanyak 40%, dan yang belum mampu / bisa memukul meja atau galon sebanyak 55%, oleh karena itu guru mengenalkan alat musik rebana agar anak bisa memainkannya. Tujuan penelitian ini untuk meningkatan kemampuan memainkan alat musik melalui permainan rebana pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan 02 Candirenggo Kecamatan Singosari. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dikembangkan oleh Arikunto, dengan subyek penelitian jumlah berjumlah 17 pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan 02 Candirenggo-Kecamatan Singosari. Hasil analisis pada siklus 1 pertemuan 1 sebesar 48,5%, siklus 1 pertemuan 2 sebesar 55,8%, siklus 2 pertemuan 1 sebesar 64,6%, dan siklus 2 pertemuan 2 sebesar 80,1%. Hal ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan alat musik rebana, kemampuan memainkan alat musik anak meningkat. Saran bagi guru dapat digunakan sebagai acuan dan masukan untuk guru dalam memberikan metode pembelajaran alat musik yang lain, dan bagi anak didik diharapkan dapat meingkatkan konsentrasi anak dalam memainkan alat musik.

Published
2019-12-17