Pengaruh Permainan Balok Terhadap Kecerdasan Logis Matematis (Mengenal Pola ABC-ABC Pada Anak Kelompok di TK Gerbang Indah Malang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan balok terhadap kecerdasan logis matematis (Mengenal Pola ABC-ABC) pada anak kelompok A di TK Gerbang Indah Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimen design dengan menggunakan one group pre-test, pos-ttest. Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 14 anak. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t yang diolah menggunakan SPSS 22,0 windows. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai rata-rata kecerdasan logis matematis (mengenal pola ABC-ABC) dari hasil penelitian dengan menggunakan uji t, maka nilai t dilihat dari Mean Difference pada kelompok A dengan nilai pretest sebesar 9,07143 dan nilai post-test 10,92857 dengan signifikansi sebesar 0,000 yang berarti kurang dari 0,05. Dari hasil tersebut dapat terlihat adanya perbedaan yang signifikan sebelum diberi perlakuan dan sesudah diberi perlakuan berupa metode pembelajaaran permainan balok. Hal ini menunjukan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Oleh karena itu, pada penelitian ini terdapat pengaruh permainan balok terhadap peningkatan kecerdasan logis matematis (mengenal pola ABC-ABC) pada anak kelompok A di TK Gerbang Indah Malang.