Meningkatkan Kreatifitas Anak Melalui Kegiatan Finger Painting Kelas B TK Samuphahita Kota Malang

  • Saveriana Anyeli Universitas Kanjuruhan Malang
  • Mochammad Ramli Akbar Universitas Kanjuruhan Malang
  • Henni Anggraini Universitas Kanjuruhan Malang
Keywords: Kreatifitas, finger painting

Abstract

Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan model kemis dan Mc Taggart. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak melalui kegiatan finger painting pada anak kelas B TK Samuphahita Kota Malang yang berjumlah 7 anak terdiri dari 4 siswa putra  3 siswi putri. Prosedur ini terdiri dari tiga tahap yakni tahap perencanaan, tahap tindakan dan pengamatan, tahap refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kreativitas meningkat setelah adanya tindakan melalui kegiatan finger painting yang memberikan kebebasan pada anak untuk membuat hasil karya yang sesuai dengan ide anak sendiri dan memilih warna sesuai dengan keinginan anak. Peningkatan tersebut terlihat dari data pratindakan yang menunjukan presentase kreativitas secara keseluruhan adalah 449%  pada siklus I presentase meningkat menjadi 449% pada siklus II kreativitas mengalami peningkatan menjadi 494% dapat dikatakan bahwa penelitian ini berhasil karena presentase sudah mencapai angka yang ditentukan. Berdasarkan pernyataan diatas dapat disimpulkan bahwa kreativitas anak kelas B TK Samuphahita Kota Malang dapat ditingkatkan melalui kegiatan finger painting. Dalam kegiatan finger painting hendaknya guru menyediakan warna-warna dasar dan menggunakan bidang dasaran yang tidak mudah sobek dan tebal, dalam kegiatan finger painting hendaknya guru membentuk kelompok dengan melibatkan anak dalam pembentukan kelompok, diharapkan anak dapat lebih mudah diatur untuk duduk, untuk mengoptimalkan pembelajaran, sebaiknya guru lebih terampil untuk mencari referensi sumber belajar lainnya guna sebagai alternatif sumber belajar bagi siswa, guru lebih sabar dan telaten dalam menerangkan pembelajaran menggunakan finger painting, serta guru sebaiknya ikut serta dalam mendampingi siswa belajar supaya siswa termotivasi dalam belajarnya.

Published
2019-12-17