Pengaruh Teknik Mozaik Terhadap Kemampuan Kreatifitas Mencipta Bentuk Pada Kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan 3 Sukonolo Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang
Abstract
Tujuan program kegiatan belajar anak usia dini, dapat menemukan satu kata kunci yang merupakan suatu keutuhan daya cipta dengan istilah lain kreativitas. Kreativitas merupakan kemampuan seseorang yang menciptakan ide-ide yang baru atau mengembangkan suatu bentuk yang sudah ada. Kreativitas mempunyai banyak macamnya seperti, mewarnai, menggunting, melipat, kolase, montase, dan mozaik. Pelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik mozaik terhadap kemampuan kreativitas mencipta bentuk pada kelompok B di TK Dharma Wanita Persatuan 3 Sukonolo Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang. Desain penelitian ini adalah kuantitatif pre-eksperimental dengan one group pre-test desain. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, dan dokumentasi. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji T, dengan menggunakan SPSS 22.0 For Windows. Hasil penelitian uji t menunjukkan signifikan 0,000 lebih kecil dari 0,05. Hasil tersebut dapat dilihat adanya perbedaan signifikan antara sebelum diberi perlakuan dan sesudah diberi perlakuan. Hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah teknik mozaik berpengaruh terhadap kemampuan kreativitas mencipta bentuk pada kelompok B di TK Dharma Wanita Persatuan 3 Sukonolo Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang. Hasil penelitian ini dapat menambah pengetahuan bagi pendidik maupun peneliti selanjutnya yang akan meneliti kreativitas maupun kegiatan teknik mozaik dengan mencipta bentuk. Untuk pendidik agar lebih mengembangkan kegiatan yang lebih menarik