Assesment Permasalahan Anak Usia Dini Kelompok A TK Insan Mulia Tunjungtirto Singosari

  • Rini Suryani Universitas Kanjuruhan Malang
  • rina wijayanti Universitas Kanjuruhan Malang
  • Sarah Emmanuel Haryono Universitas Kanjuruhan Malang
Keywords: Assesment, permasalahan anak usia dini

Abstract

Setiap anak memiliki karakteristik perkembangan yang berbeda-beda. Proses utama perkembangan anak merupakan hal yang saling berkaitan antara proses biologis, proses sosio emosional dan proses kognitif. Ketiga hal tersebut akan saling mempengaruhi satu sama lain dan sepanjang perjalanan hidup manusia. Selama proses perkembangan, tidak menutup kemungkinan anak menghadapi berbagai masalah yang akan menghambat proses perkembangan selanjutnya. Permasalahan yang dihadapi anak dapat dilihat melalui tingkah laku anak pada saat mengikuti proses pembelajaran di kelas atau pada saat anak bermain. Permasalahan pada anak usia dini adalah sesuatu hal yang akan mengganggu kehidupan anak, yang timbul karena ketidaksesuaian pada perkembangannya. Secara garis besar masalah yang dihadapi anak dapat digolongkan menjadi dua yaitu masalah internal dan masalah eksternal. Masalah internal terdiri dari masalah fisik (kesehatan) dan psikis merupakan masalah yang timbul dari dalam diri anak, sedangkan masalah eksternal adalah masalah yang  terdiri dari masalah sosial merupakan masalah yang dipengaruhi oleh lingkungan sekitar. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui permasalahan, faktor penyebab permasalahan anak usia dini kelompok A TK Insan Mulia Tunjungtirto Singosari. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif deskriptif dengan tujuan mendeskripsikan permasalahan dan faktor penyebab yang mempengaruhi permasalahan anak tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permasalahan anak usia dini sebagai berikut: (1) kurangnya konsentrasi pada pelajaran, (2) anak suka mengganggu teman, (3) suka meniru, dan (4) kurang mandiri. Penyebab dari permasalahan anak dibagi menjadi 3 faktor besar dengan rincian yang variatif yaitu: (1) faktor pembawaan, (2) faktor lingkungan keluarga, (3) faktor lingkungan sekolah, dan (4) faktor masyarakat.

Published
2019-12-17