Pengembangan Kemampuan Sosial Emosional Anak Kelompok A Melalui Media Buku Pintar Di TK Muslimat NU 2 Singosari Malang Tahun 2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perkembangan sosial emosional anak melalui media buku pintar, (2) kelayakan dan kualitas media buku pintar, (3) keefektifan media buku pintar yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan (research and development). Penelitian ini dilakukan di TK Muslimat NU 2 Singosari Malang pada bulan Mei 2019 dengan sampel penelitian anak kelompok A-1 TK Muslimat NU 2 Singosari Malang Tahun Pelajaran 2018-2019 sejumlah 15 anak. Tahap uji lapangan terbatas sebanyak 6 anak, uji lapangan lebih luas sebanyak 10 anak, dan uji operasional sejumlah 15 anak. Data keefektifan media diperoleh dari instrument pengumpulan data yaitu, (1) tes, (2) kuesioner (angket untuk ahli materi dan media), (3) dokumentasi foto dan video. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data berupa saran dan kritik oleh ahli dianalisa dengan pendekatan kualitatif, sedangkan data kelayakan media diolah dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kelayakan dan kualitas media dapat dinyatakan sangat layak, dan (2) media buku pintar efektif untuk pembelajaran aspek sosial emosional anak.