Hubungan Interaksi Teman Sebaya Dengan Kecerdasan Emosional Anak di RA Nurul Qomariyah Desa Pagedangan Kecamatan Turen

  • Estu Puguh Prihantining Universitas Kanjuruhan Malang
  • Rina Wijayanti Universitas Kanjuruhan Malang
  • Sarah Emmanuel H Universitas Kanjuruhan Malang
Keywords: Interaksi teman sebaya, kecerdasan emosional

Abstract

Perkembangan sosial berarti perolehan kemampuan berperilaku yang sesuai dengan  tuntutan sosial menjadi orang yang mampu bermasyarakat.  Anak yang mampu berinteraksi dengan baik dapat mengembangkan kemampuan kecerdasan emosionalnya,  karena dengan adanya kecerdasan emosional penting untuk anak dalam pembentukan kepribadian untuk kedepannya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan interaksi teman sebaya dengan kecerdasan emosional  anak di Ra Nurul Qomariyah desa Pagedangan kecamatan Turen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasi. Subjek peneletian ini adalah anak RA Nurul Qomariyah tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah anak sebanyak 40 orang.pengumpul data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Analisi data untuk menguji hipotesis dengan menggunakan teknik Uji Regresi Linear Sederhana. Hasil Uji Validitas Instrumen menggunakan Product moment  diantara 0,40 ≤ r < 0,80, reliebilitas menggunakan Cronbach Alpha diantara 0,90 ≤ r ≤ 1,00, normalitas data menggunakan One Sample Kolmograv-smimov tes  dengan nilai signifikan di atas 0,50 yaitu 0,200.  Uji linieritas dengan nilai signifikan sama dengan 0,116 < 0,05. Analisi data menggunakan uji rekresi liniear sederhana dengan nilai signifikan  sebesar 0,000 < Probabilitas 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa  ditolak dan  diterima, yang berarti bahwa ada hubungan antara interaksi teman sebaya dengan kecerdasan emosional.

Published
2019-12-17