Penerapan Metode Brushing Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Kelompok B Di Tk Dharma Wanita 05 Pagak Malang

  • Yovita Mete Universitas Kanjuruhan Malang
  • Agus Sholeh Universitas Kanjuruhan Malang Indonesia
  • Rina Wijayanti Universitas Kanjuruhan Malang Indonesia
Keywords: Metode Brushing, Kreativitas Anak

Abstract

Kreativitas adalah suatu proses yang menghasilkan sesuatu yang baru, baik dalam bentuk gagasan atau suatu objek dalam suatu bentuk atau susunan yang baru. Metode brushing termasuk dalam jenis kegiatan seni dan kerajinan tangan yang membantu anak meningkatkan kreativitasnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode brushing untuk meningkatkan kemampuan kreativitas anak kelompok B di TK Dharma Wanita 05 Pagak Malang dan untuk mengetahui peningkatan kreativitas anak dengan menerapkan metode brushing di TK Dharma Wanita 05 Pagak Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan model penelitian menggunakan praktek pembelajaran yang hanya dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Pada siklus ini terdiri dari 4 komponen, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah data-data yang diperoleh dari hasil lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian untuk meningkatkan kreativitas anak didik kelompok B di TK Dharma Wanita 05 Pagak Malang pada siklus I pertemuan pertama sebesar 52,34% dan pertemuan kedua sebesar 60,11%. Perolehan tersebut belum menunjukan ketuntasan, sehingga dilakukan tindakan siklus II. Hasil presentase siklus II pertemuan pertama sebesar 72,61% dan pertemuan kedua sebesar 81,2%. Hasil tersebut menunjukan adanya ketuntasan dalam meningkatkan kemandirian sebesar 75%.

Published
2019-12-17