Pengembangan Media Boneka Wayang Family Untuk Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Anak Kelompok B Di Tk Muslimat Nu 9 Miftakhul Ulum Turen

  • Winda Amalia Widyanti Universitas Kanjuruhan Malang
  • Rina Wijayanti Universitas Kanjuruhan Malang
  • Henni Anggraini Universitas Kanjuruhan Malang
Keywords: Media boneka wayang family, pengembangan bahasa

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengembangan media boneka wayang family untuk meningkatkan kemampuan bercerita pada anak kelompok B di TK Muslimat NU 9 Miftakhul Ulum Turen. Jenis penelitian menggunakan model penelitian Research and Development (R&D) menurut Dick & Carey. Subyek dalam penelitian ini adalah anak usia dini kelompok B dengan jumlah 29 anak. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, wawancara dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media boneka wayang family yang telah dikembangkan melalui serangkaian uji coba serta validasi ahli dinyatakan layak. Hal ini didukung oleh ahli materi dengan rata-rata 93,5 % termasuk dalam kategori sangat layak, penilaian dari ahli media dengan rata-rata 95,8 % termasuk dalam kategori sangat layak. Hasil uji coba tahap I dengan presentase skor 61,1 % termasuk dalam kategori layak, hasil uji coba tahap II dengan presentase skor 76,8 % termasuk dalam kategori sangat layak, dan hasil uji coba tahap III mendapatkan presentase skor 94,5 % termasuk dalam kategori sangat layak. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media boneka wayang family efektif dan layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan bercerita pada anak kelompok B di TK Muslimat NU 9 Miftakhul Ulum Turen.

Published
2019-12-17