Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Kelompok B Tk Model, Kota Malang

  • Katarina Pora Universitas Kanjuruhan Malang
  • Agus Sholeh Universitas Kanjuruhan Malang
  • Henni Anggraini Universitas Kanjuruhan Malang
Keywords: Penerapan Pendekatan Saintifik, Pengembangan Kreativitas

Abstract

Penerapan pendekatan saintifik dapat mengembangkan kreativitas anak usia dini secara keseluruhan. Kreativitas yang dikembangkan dalam penelitian ini yakni menggambar, mewarnai dan menggunting dengan berbagai cara yang dilakukan guru untuk menarik minat anak anak usia dini kelompok B TK Model kota Malang.Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian terhadap penerapan pendekatan saintifik dalam pengembangan kreativitas anak usia dini kelompok B TK Model kota Malang.Penelitian menggunakan Metode Kualitatif, sedangkan untuk pengambilan data dilaksanakan di kelompok B4 TK Model kota Malang, untuk pengumpulan data yaitu menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumntasi yang difokuskan pada anak kelompok B4 yang berjumlah 17 orang yang terdiri dari 8 orang wanita dan 9 orang laki-laki. Responden sumber data yaitu guru kelompok B4 yang berjumlah 1 orang.Berdasarkan hasil penelitian guru sudah menerapkan pendekatan saintifik dalam pengembangan kreativitas anak dalam pembelajaran sehari-hari.Dari aspek mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar dan mengkomunikasikan yang ada di pendekatan saintifik guru sudah mencatumkan nilai-nilai kreativitas yang harus dikembangkan anak yakni menggambar, mewarnai dan menggunting.Kesimpulan dari hasil penelitian Pembelajaran dengan pendekatan saintifik dalam pengembangan kreativitas anak usia dini pada umumnya didasarkan pada persiapan objek dan kegiatan yang akan dilakukan dari proses mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar dan mengkomunikasikan.

Published
2019-12-17