Pengenalan Bahasa Inggris Sederhana Melalui Kegiatan Bermain Kartu Lembar Balik Pada Peserta Didik Kelompok B Tk Negeri Pembina Kabupaten, Jombang Tahun Ajaran 2018-2019
Abstract
Pelaksanaan dari kegiatan pengenalan bahasa Inggris sederhana melalui kegiatan ekstrakurikuler bahasa Inggris di TK Negeri Pembina Kabupaten Jombang khususnya pada peserta didik kelompok B masih belum maksimal, karena masih berada di bawah standart ketuntasan belajar yang telah ditetapkan dalam program pembelajaran sekolah. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat deskriptif kuantitatif, dirancang dalam bentuk siklus berulang yang terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus terdapat empat tahapan kegiatan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan dalam penelitian ini adalah observasi dan catatan anekdot (anecdotal record). Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan menentukan presentasi ketuntasan belajar dan mean (rata-rata) kelas.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktifitas guru pada siklus I mencapai 68,18% sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 88,64%. Dalam proses pembelajaran juga diikuti peningkatan aktifitas peserta didik, pada siklus I prosentase aktifitas peserta didik mencapai 52,27%, pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 93,18%. Sedangkan aspek bahasa Inggris sederhana juga terjadi peningkatan pada siklus II, terbukti pada siklus I adalah 25% maka pada siklus II mencapai 90%.. Dari penelitian ini didapatkan hasil dengan penggunaan bermain Kartu Lembar Balik pada kegiatan pengenalan bahasa Inggris sederhana dapat meningkatkan aspek bahasa Inggris sederhana peserta didik Kelompok B TK Negeri Pembina Kabupaten Jombang.