Peningkatan Kemampuan Mengungkapkan Bahasa Melalui Media Monopoli Pada Anak Kelompok B Di RA Qotrunnada Sukun Malang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengungkapkan bahasa anak kelompok B di RA Qotrunnada Sukun Malang.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus dua kali pertemuan melalui langkah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian yaitu anak kelompok B RA Qotrunnada Sukun Malang yang berjumlah 15 siswa, 6 laki-laki dan 9 perempuan. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan melalui metode observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi (chek list). Hasil penelitian ditunjukkan bahwa peningkatan kemampuan mengungkapkan bahasa melalui media monopoli terbukti pada anak kelompok B di RA Qotrunnada Sukun Malang. Hal ini ditunjukkan dengan siklus I rata-rata nilai 55.00% dan siklus ke II sebesar 84.97% .Berdasarkan penelitian tersebut dapat direkomendasikan bahwa melalui media monopoli sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan anak dalam mengungkapkan bahasa. Saran untuk pendidik agar bisa mengembangkan media monopoli yang lebih menarik lagi untuk anak.