Pengaruh Membatik Pola Titik pada Tisu terhadap Kemampuan Kreativitas Anak Usia Dini Kelompok A di TK Muslimat NU 1 Bululawang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh membatik pola titik pada tisu terhadap kemampuan kreativitas anak usia dini kelompok A di TK Muslimat NU 1 Bululawang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian pre-eksperimental one group pre-test and post-test design, yaitu penelitian 1 (satu) kelompok eksperimen dengan pemberian pre-test untuk mengukur kemampuan awal anak, kemudian pemberian perlakuan (treatment), dan pemberian post-test untuk mengukur kemampuan anak setelah adanya treatment. Subyek dalam penelitian ini adalah anak usia dini kelompok A di TK Muslimat NU 1 Bululawang dengan jumlah 26 anak, 10 anak laki-laki dan 16 anak perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian uji t menunjukkan nilai signifikan 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000 ≤ 0,05). Yang berarti, terdapat pengaruh membatik pola titik pada tisu terhadap kemampuan kreativitas anak usia dini pada kelompok A di TK Muslimat NU 1 Bululawang. Kegiatan membatik pola titik pada tisu yang telah dilaksanakan di TK Muslimat NU 1 Bululawang pada Kelompok A dapat mengembangkan kreativitas pada anak. Semoga dengan adanya penelitian ini dapat menambah pengetahuan bagi pendidik, dan peneliti selanjutnya. Untuk pendidik agar lebih mengembangkan kegiatan-kegiatan yang lebih menarik untuk mengasah kreativitas anak.