Peningkatan Kecerdasan Interpersonal Anak Melalui Kegiatan Mewarnai Kelompok B Di Ra Nurul Hidayah Pakisaji Kabupaten Malang
Abstract
Kecerdasan Interpersonal merupakan kemampuan mempresentasikan dan membedakan suasana hati, maksud, motivasi, serta perasaan orang lain, serta kemampuan memberikan respons secara cepat terhadap suasana hati, temperamen, motivasi, dan keinginan orang. Berdasarkan hasil observasi di RA Nurul Hidayahkecerdasan interpersonal yang diharapkan masih belum optimal karena metode tersebut jarang dilakukan.pembelajaran yang lebih dominan menggunakan Lembar Kerja Anak (LKA), dan menekankan pada kemampuan kognitif seperti baca tulis hitung (calistung).Jarang diterapkan pembelajaran mewarnai dengan mengembangkan kecerdasan interpersonalnya. Dari permasalahan tersebut maka perlu dicari solusi lain untuk memperbaiki masalah tersebut. Salah satu metode untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal anak yaitu melalui kegiatan mewarnai.Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak Melalui Kegiatan Mewarnai Di Kelompok B Ra Nurul Hidayah Pakisaji Kabupaten Malang.Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan diawali dengan perencanaan tindakan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), observasi (observing) dan melakukan refleksi (reflecting), kemudian berputar sampai terjadi perbaikan atau peningkatan yang diharapakan dengan menggunkan lembar observasi dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data.Dalam penelitian ini menggunakan 2 siklus, dan masing-masing siklus terdapat 2 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kecerdasan interpesonalanak melalui kegiatan mewarnai kelompok B. Hal ini ditunjukan kenaikan rata-rata peningkatan persiklus dengan rata-rata hasil pada pertemuan I sebesar 59,22 % siklus 1 pertemuan 2 sebesar 66,50%, siklus 2 Pertemuan I sebesar 71,12 % dan siklus 2 pertemuan 2 sebesar 82,73%. Berdasarkan hasil penelitian penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan kegiatan mewarnai dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal anak. Saran untuk guru sebagai acuan dan masukan untuk guru dalam memberikan pembelajaran mewarnai untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal, saran bagi peneliti selanjutnya agar dapat menggunakan kegiatan lain sebagai acuan untuk melihat kecerdasan interpersonal anak