Implementasi Permainan Maze Berjalan Untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif PesertaDidik Kelompok A Di Pos Paud Teratai Kota Malang

  • Phrischa Anjelina M. Ao Universitas Kanjuruhan Malang Indonesia
  • Rina Wijayanti
  • sarah Emmanuel Haryono, M.Psi
Keywords: Kempuan kognitif, permainan Maze berjalan

Abstract

Kemampuan kognitif  ialah proses yang terjadi secara internal  didalam     pusat    susunan saraf pada waktu anak sedang berfikir berdasarkan hasil observasi ,terhadap peserta didik kelompok  A  di pos  paud  teratai  kota Malang dalam pengembangan kemampuan  kognitif, mengenal angka 1-10, menyebutkan angka 1-10,menghitung angka 1-10.belum berkembang secara optimal.

              Tujuan dalam penelitian ini  untuk mengetahui kemampuan kegiatan  permainan  maze berjalan  terhadap kemampuan kognitif peserta didik kelompok A  Pos Paud Teratai Kota Malang . Subyek dari penelitian ini terdapat  pada anak  kelompok A  jumblah  peserta didik 16 anak terdiri dari 7 anak perempuan, dan 9 anak laki-laki,

             Metode pre-experimental one group pretest-postest, desain ini melibatkan satu kelompok, pengukuran dan observasi dilakukan dua kali yaitu sebelum diberi perlakuan dan sesudah diberi perlakuan dengan pembelajaran implementasi permainan maze berjalan untuk mengembangkan kemampuan kognitif peserta didik kelompok A. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Uji T. diolah dan di analisisnya menggunakan SPSS 22,0,windows . Jika hasil signifikan < 0,05 maka dapat dikatakan H1 diterima dan Ho ditolak. Dari perhitungan statistik angka signifikasi 0,000 dengan derajad signifikansi 0,05. hipotesis penelitian dapat disimpulkan bahwa variabel kegiatan permainan maze berjalan (X) berpengaruh terhadap perkembangan kemampuan kognitif peserta didik kelompok A (Y), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima .

              Berdasarkan hasil penelitian tersebut penulis berkesimpulan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan media maze berjalan pada anak kelompok A di Pos Paud Teratai dapat mengembangkan kemampuan kognitif peserta didik. Sarannya agar Guru tidak harus mengulang kegiatan yang sama untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak tetapi menggunakan kegiatan yang menarik dan bervariasi untuk meningkatkan minat anak seperti kegiatan medi permainan maze berjalan.

Published
2019-12-17