Meningkatkan Kemampuan Kosa Kata Anak Melalui Penggunaan Media Benda Kongkrit Pada Anak Kelompok A TK Dharma Wanita 05 Pagak Malang Tahun Ajaran 2019/2020

  • Maria Yasinta Mbagha Universitas Kanjuruhan Malang Indonesia
  • Sarah Emmanuel Haryono
  • Ayu Asmah
Keywords: Kosakata, Media Benda Kongkrit

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1.Bagaimana langkah-langkah meningkatkan kosakata melalui Penggunaan Media Benda Kongkrit pada anak kelompok A Tk Dharma Wanita 05 Pagak Malang ? 2. Apakah Penggunaan Media Benda Kongkrit dapat meningkatkan kemampuan kosakata anak kelompok A Tk Dharma Wanita 05 Pagak Malang ?Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yang mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart. Subyek penelitian ini adalah anak didik kelompok A TK Dharma Wanita 05 PagakĀ  Malang yang berjumlah 15 anak. Hasil analisis pada siklus I pertemuan pertama sebesar 45%, dan pertemuan kedua sebesar 52,5%. Siklus II pertemuan pertama sebesar 71,65% dan meningkat pada pertemuan kedua menjadi 78,35%. Hasil pada siklus I dan II menunjukan presentase ketuntasan lebih besar dari 75%. Maka terjadi peningkatan presentase kemampuan kosakata anak dengan menggunakan media benda kongkrit pada setiap siklusnya dan menunjukkan ketuntasan sebesar 80%

Published
2019-12-17