Efektifitas Media Ritatoon Terhadap Kemampuan Bercerita Pada Anak Di TK B PKK Bandulan Malang

  • Mats Jonisius Nenohay Universitas Kanjuruhan Malang Indonesia
  • Henni Anggraini, M.Psi
  • sarah Emmanuel Haryono, M.Psi
Keywords: Media Ritatoon, Kemampuan Bercerita

Abstract

Kemampuan bercerita pada anak di TK B PKK Bandulan Malang adalah anak-anak yang belum mampu melakukan kegiatan bercerita secara mandiri sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas media ritatoon terhadap kemampuan bercerita. Kegiatannya adalah menggunakan media ritatoon yang bervariasi dan menarik sehingga memotivasi kemampuan bercerita anak. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan penggunaan one group design. Instrumen penelitian menggunakan observasi dan dokumentasi. Tahap pelaksanaan pengumpulan data yaitu pretest, treatment dan posttest. Sampel menggunakan seluruh kelas yaitu kelompok B yang berjumlah 23 anak. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya efektifitas media ritatoon terhadap kemampuan bercerita pada anak di TK B PKK Bandulan Malang. Berdasarkan hasil uji t yang dilakukan peneliti diperoleh nilai signifikan 0,000 dan 0,000. Hal ini dapat disimpulkan bahwa 0,000< 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya ada efektifitas media ritatoon terhadap kemampuan bercerita pada anak di TK B PKK Bandulan Malang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka di sarankan guru dapat menggunakan media ritatoon untuk meningkatkan kemampuan bercerita anak didik. Sedangkan untuk kepala sekolah dan lembaga PAUD sebagai bahan referensi untuk meningkatkan pendidikan dengan memilih kegiatan yang tidak membosankan bagi anak agar guru dapat lebih kreatif.Kemampuan bercerita pada anak di TK B PKK Bandulan Malang adalah anak-anak yang belum mampu melakukan kegiatan bercerita secara mandiri sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas media ritatoon terhadap kemampuan bercerita. Kegiatannya adalah menggunakan media ritatoon yang bervariasi dan menarik sehingga memotivasi kemampuan bercerita anak. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan penggunaan one group design. Instrumen penelitian menggunakan observasi dan dokumentasi. Tahap pelaksanaan pengumpulan data yaitu pretest, treatment dan posttest. Sampel menggunakan seluruh kelas yaitu kelompok B yang berjumlah 23 anak. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya efektifitas media ritatoon terhadap kemampuan bercerita pada anak di TK B PKK Bandulan Malang. Berdasarkan hasil uji t yang dilakukan peneliti diperoleh nilai signifikan 0,000 dan 0,000. Hal ini dapat disimpulkan bahwa 0,000< 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya ada efektifitas media ritatoon terhadap kemampuan bercerita pada anak di TK B PKK Bandulan Malang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka di sarankan guru dapat menggunakan media ritatoon untuk meningkatkan kemampuan bercerita anak didik. Sedangkan untuk kepala sekolah dan lembaga PAUD sebagai bahan referensi untuk meningkatkan pendidikan dengan memilih kegiatan yang tidak membosankan bagi anak agar guru dapat lebih kreatif.

Published
2019-12-17