Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Make A Match Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Kelompok A Di Ra Mutiara Iman Pakisaji Kab. Malang Tahun 2018/2019
Abstract
Kemampuan membaca permualaan suatu proses pembelajaran pada anak usia dini yang mulai pembelajaran dengan mengenal huruf-huruf, kata-kata, kalimat serta lambang-lambang tulisan yang akan menjadi pondasi untuk tahap selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif make a match terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok A di Ra Mutiara Iman Pakisaji Kabupaten Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitia pre-eksperimen desaign dengan menggunakan one group pre-test post-test. Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 15 anak. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t yang diolah menggunakan SPSS 22,0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai rata-rata kemampuan membaca permulaan pada saat pre-test sebesar 8.200 dan pada saat post-test sebesar 10,933 dengan nilai signifikan 0,000<0,05. Dari hasil tersebut dapat terlihat adanya perbedaan yang signifikan sebelum diberi perlakuan dan sesudah diberi perlakuan berupa model pembelajaran make a match dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif make a match terhadap kemampuan membaca permulaan kepada anak kelompok A di Ra Mutiara Iman Pakisaji Kabupaten Malang tahun 2018/2019.Seabagai bahan pertimbangan dan masukan dalam menentukan metode atau model yang akan digunakan dalam proses belajar mengajar di kelas. Dengan ini guru dapat meningkatkan kemampuan membaca anak didik dengan berbagai model pembelajaran. Sebagai salah satu sarana untuk mengembangkan penelitian lagi dengan menambah model atau metode pembelajaran sebagai variabel lainnya.