Pengembangan Kegiatan Market Day Terhadap Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Pada Kelompok B Di Tk Kartika Iv-11 Kecamatan Singosari Kabupaten Malang
Abstract
Proses belajar mengajar saat ini tergantung pada kegiatan yang digunakan, jika kegiatan tidak menarik maka proses pembelajaran tidak akan berjalan maksimal. Kegiatan Market Day adalah salah satu kegiatan yang dilakukan di TK Kartika IV-11 Kecamatan Singosari, dimana kegiatan tersebut dilaksanakan di luar kelas sebagai salah satu kegiatan yang kreatif untuk mengenal bilangan dan mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan pada anak kelompok B dengan cara yang menyenangkan. Dari hasil observasi peneliti mencoba untuk mengembangkan kegiatan tersebut menjadi kegiatan yang dapat digunakan sebagai kegiatan pembelajaran, dan mampu mengembangakan beberapa aspek dengan maksimal. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui spesifikasi produk media pembelajaran yang ingin dikembangkan, mengetahui efektifitas, efisien dan kemenarikan, dan dampak pengembangan media pembelajaran terhadap pengembangan aspek kognitif anak. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan rancangan model pengembangan Research and Development (R&D) Borg and Gall. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran yang telah dikembangkan layak digunakan sebagai kegiatan pembelajaran, setelah dilakukan validasi dan uji coba, persentase sebagai berikut: ahli produk 98,21%, ahli materi 98, 33%, dan uji coba lapangan tahap I 64%, uji tahap II 90%, dan uji operasional 94% serta test uji t yang menyatakan bahwa hasil nilai signifikasi 0,01 yang berarti lebih kecil dari nilai signifikasi yang digunakan dalam penelitian ini 0,05, maka H0 dinyatakan ditolak yaitu tidak meningkat dan H1 yaitu diterima dengan adanya peningkatan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran ini dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak sehingga kegiatan ini layak digunakan sebagai kegiatan pembelajaran.