Penerapan Permainan Kapal Koran Estafet Untuk Meningkatkan Kemampuan Bekerjasama Peserta Didik Kelompok B Tk Model Kota Malang

  • Marselina Sambo Universitas Kanjuruhan Malang Indonesia
  • ayu asmah
  • siti muntomimah
Keywords: permainan, kapal koran, kemampuan bekerjasama

Abstract

Penelitian bertujuan untuk (1) mengetahui langkah-langkah meningkatkan kemampuan bekerjasama melalui permainan kapal koran estafet pada anak kelompk B tk Model Kota Malang, (2) unntuk mengetahui permainan kapal koran dapat meningkatkan kemampuan bekerjasama pada anak didik kelompok B tk Model Kota Malang. bentuk penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas, dengan menggunakan prosedur penelitian kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi secara langsung terhadap kegiatan permainan kapal koran estafet. Subyek dalam penelitian ini adalah anak-anak Tk Model Kota Malang yang berjumlah 16 anak. Hasil penelitian ini menunjukan melalui kegiatan permainan kapal koran estafet dapat meningkatkan kemampuan bekerjasama anak. Peningkatan kemampuan bekerjasama anak dapat di lihat pada kondisi awal anak ketika bekerjasama memindahkan koran kedepan kondisi awal dengan siklus pertama 55,5%, setelah dilakukan pada tindakan siklus pertama kemampuan bekerjasama anak mulai meningkat, pada siklus kedua pertemuan terakhir kemampuan bekerjasama anak meningkat menjadi 81%. Kesimpulannya dari hasil penelitian ini adalah melalui permainan kapal koranĀ  estafet dapat meningkatkan kemampuan bekerjasama anak di Tk Model Kota Malang

Published
2019-12-17