Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Kelompok B Pada Ra Mutiara Iman Pakisaji Kab Malang Tahun Pelajaran 2018/2019
Abstract
Perkembangan sosial emosional yaitu perkembangan tingkahlaku anak dalam meyesuaikan diri dengan aturan-aturan yang berlaku di masyarakat tempat anak berada. Oleh kerna itu, kebutuhan berinteraksi dengan orang lain sangat diperlukan anak terutama anggota keluarga dan teman-teman sekolah. Anak mulai mampu bekerja sama, mentaati aturan, dan perilaku sosial lainnya, dengan bertambanya usia maka semakin komples perkembangan sosialnya, dan anak semakin mebutuhkan orang lain.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bermain peran terhadap perkembangan sosial emosional anak kelompok B pada RA Mutiara Iman Pakisaji Kab. Malang.Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimen desaign dengan menggunakan one group pre-test post-test. Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 14 anak. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t yang diolah menggunakan SPSS 22,0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai rata-rata menyusun korek api membentuk api unggun dan mempraktek cara pemadam kebakaran pada saat pre-test sebesar 9.6429 dan pada saat post-test sebesar 11.1429 dengan nilai signifikan 0,000<0,05. Dari hasil tersebut dapat terlihat adanya perbedaan yang signifikan sebelum diberi perlakuan dan sesudah diberi perlakuan berupa metode bermain peran terhadap perkembangan sosial emosional anak kelompok B pada Ra Mutiara Iman Pakisaji Kab. Malang tahun pelajaran2018/2019