Implementasi Pendidikan Karakter Panca Jiwa di Pesantren Daarul Ukhuwwah Kecamatan Pakis Kabupaten Malang
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang implementasi pendidikan karakter Panca Jiwa di Pesantren Daarul Ukhuwwah Pakis. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengaruh negatif dari arus globalisasi seperti penyalahgunaan narkoba dan pergaulan bebas di kalangan remaja. Peran pendidikan karakter bisa menjadi salah satu sarana penyembuh penyakit sosial tersebut. Sistem pendidikan di pesantren sangat kondusif untuk penerapan pendidikan karakter, karena santri selama 24 jam perilakunya dalam pengawasan dan pembinaan kyai dan asatidz. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji nilai karakter apa yang diajarkan kepada santri dan mengetahui metode yang dilakukan untuk membentuk karakter santri pesantren Daarul Ukhuwwah. Metode penelitian yaitu kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai karakter yang diajarkan kepada santri pesantren Daarul Ukhuwwah ada lima (panca jiwa), yaitu: keikhlasan, kemandirian, kesederhanaan, ukhuwwah Islamiyah dan kebebasan. Metode yang diterapkan untuk membentuk karakter santri pesantren Daarul Ukhuwwah ada tiga, yaitu: metode nasehat, keteladanan dan pembiasaan. Sikap keteladanan dari kyai dan asatidz sangat penting bagi keberhasilan pendidikan karakter, karena santri memerlukan figur nyata yang bisa diteladani perilakunya dalam kehidupan sehari-hari.