Implementasi Pendidikan Karakter Panca Jiwa di Pesantren Daarul Ukhuwwah Kecamatan Pakis Kabupaten Malang

  • Romadhon Universitas Kanjuruhan Malang Indonesia
  • Ali Rohman MA Daarul Ukhuwah Pakis Malang2
Keywords: Pendidikan Karakter, Pesantren

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang implementasi pendidikan karakter Panca Jiwa di Pesantren Daarul Ukhuwwah Pakis.  Penelitian  ini dilatarbelakangi  oleh  pengaruh negatif dari arus globalisasi  seperti penyalahgunaan  narkoba dan  pergaulan  bebas di kalangan remaja. Peran pendidikan karakter bisa menjadi salah satu sarana penyembuh penyakit sosial tersebut. Sistem pendidikan di pesantren sangat kondusif untuk penerapan pendidikan karakter, karena santri selama 24 jam perilakunya dalam  pengawasan  dan  pembinaan  kyai  dan  asatidz.  Tujuan  penelitian  ini  adalah mengkaji nilai karakter apa yang diajarkan kepada santri dan mengetahui metode yang dilakukan  untuk  membentuk  karakter  santri  pesantren  Daarul  Ukhuwwah.  Metode penelitian yaitu kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara  dan  dokumentasi.  Hasil  dari  penelitian  ini  menunjukkan  bahwa  nilai karakter  yang  diajarkan  kepada  santri pesantren  Daarul  Ukhuwwah  ada lima (panca jiwa),  yaitu: keikhlasan, kemandirian, kesederhanaan, ukhuwwah Islamiyah dan kebebasan. Metode yang diterapkan untuk membentuk karakter santri pesantren Daarul Ukhuwwah ada tiga,  yaitu: metode  nasehat,  keteladanan  dan pembiasaan.  Sikap keteladanan  dari kyai dan asatidz sangat penting bagi keberhasilan  pendidikan  karakter,  karena santri memerlukan figur nyata yang bisa diteladani perilakunya dalam kehidupan sehari-hari.

Published
2019-12-17