Implementasi Media Uang Mainan Melalui Penerapan Model Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas III MI Modern Mutiara Iman Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung

  • Nourma Oktaviarinia STKIP PGRI Tulungagung
  • Novialita Angga Wiratama Universitas Ronggolawe Tuban
Keywords: media uang mainan, model mind mapping, hasil belajar

Abstract

Mind Mapping merupakan suatu model pembelajaran yang menekankan hubungan antar konsep dalam pembelajaran berupa pemetaan pikiran yang merupakan salah satu teknik mencatat tingkat tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi media uang mainan melalui penerapan model mind mapping, serta mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS melalui implementasi media uang mainan dengan penerapan model mind mapping siswa kelas III MI Modern Mutiara Iman Kecamatan Ngunut Kabupaten Blitar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

Hasil penelitian menunjukkan secara keseluruhan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan diterapkannya model pembelajaran Mind Mapping dengan media uang mainan pada pra kegiatan mencapai 59.16 atau 37% meningkat pada perolehan nilai akhir siklus I dengan rata-rata ketuntasan klasikal 69.4 atau 51.3%. dan pada siklus II meningkat menjadi rata-rata ketuntasan klasikalnya menjadi 79.6 atau 92.3%. Dengan demikian dapat dikatakan hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi media uang mainan melalui penerapan model Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas III

Published
2019-12-17