Evaluasi Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif Pada Jenjang SMP Kota Surabaya
Abstract
Pendidikan inklusif pada dasarnya meruapakan sebuah system yang memberikan kesempatan bagi seluruh peserta didik untuk mendapatkan layanan pendidikan berdasarkan prinsip kebutuhan tiap individu. Penyelenggaraan pendidikan inklusif di kota Surabaya sudah berjalan hampir satu dekade, implementasi pendidikan inklusif tentunya memiliki berbagai tantangan. Penelitian ini merupakan bagian dari evaluasi program yang bertujuan untuk mengukur tingkat kesesuaian penyelenggaraan pendidikan inklusif berdasarkan aspek performansi, penilaian konsumen, penilaian fungsional dan penilaian pribadi. Metode yang digunakan ialah melalui teknik wawancara dan kuisioner. Sumber informasi dalam penulisan artikel ini berdasarkan pernyataan dari Guru Regular, Guru Pendamping Khusus serta orangtua siswa. Hasil analisa penyelenggaraan inklusif menunjukkan bahwa proses pemberian layanan masih ditemukan permasalahan khususnya dalam penyusunan kurikulum individual bagi siswa ABK serta hal-hal yang berkaitan manajemen SDM di sekolah inklusif