PeranKepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Pelayanan Kantin Sekolah
Abstract
Kantin sekolah terkadang diadakan oleh penjual dalam membatu sekolah memenuhi pelayanan sekolah pada aspek kantin sekolah. Dengandemikian, penelian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam pelayanan kantin sekolah, karena sekolah hanya menyediakan lokasi sedangkan penjual penyediakan kantin. Medote yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian yaitu peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam pelayanan kantin sekolah adalah sebagai pembuat kebijakan, mendata, menata, mensinergikan, dan pemberi hasehat. Peran tersebut diwujudkan dalam penyediaan pelayanan kebutuhan makan dan minum, penyediaan sarana dan prasarana, kebersihan, kenyamanan, dan keramahan penjual. Beberapa peran tersebut digunakan oleh kepala sekolah karena sesuai dengan spesifikasi kebutuhan jenis layanan kantin sekolah dan penerapan praktinya adalah upaya mengelola kantin swadaya penjual