PENGARUH MOTIVSI DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII IPS GEOGRAFI SMP N 10 MALANG
Abstract
Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa motivasi belajar siswa, minat belajar siswa dan hasil belajar siswa masih sangat rendah. Buktinya sebagian dari siswa ada yang mengaku tidak senang dengan pelajaran IPS Geografi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahi pengaruh hubungan antara variabel dependent dengan variabel indepndent melihat pengaruh motivasi belajar (X1), minat belajar (X2), terhadap hasil belajar (Y). Rancangan penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan metode kuantitatif dengan populasi 273 siswa dan sampel penelitian 60 siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket atau dan pedoman dokumentasi ujian tengah semester (UTS). Berdasarkan analisis data adanya pengaruh yang signifikan secara parsial dan simultan antara Motivasi Belajar (X1) dan Minat belajar siswa (X2) terhadap Hasil belajar siswa (Y) Kelas VIII IPS Geografi SMP N 10 Malang. Dimana nilai f hitung sebesar 18.587 dengan nilai signifikan 0.000. Mampu memberikan kontribusi sebesar 62.8% terhadap hasil belajar siswa (Y). Saranya bagi guru hendaknya harus bisa membangkitkan motivasi dan minat belajar siswa. Dengan adanya motivasi dan minat belajar siswa maka yang timbul usaha-usaha yang dilakukan untuk mata pelajaran tersebut.