Pengaruh Pemberian Tugas dan Keaktifan terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV di SDN Kebonsari 4 Malang

  • Siti Halimatus Sakdiyah Universitas Kanjuruhan Malang
  • Tasemo Tasemo Universitas Kanjuruhan Malang
  • Harun Harun Universitas Kanjuruhan Malang
Keywords: Pemberian Tugas, Keaktifan Belajar Siswa, Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial

Abstract

Tujuan dari artikel ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian tugas terhadap hasil belajar IPS. Untuk mengetahui pengaruh keaktifan terhadap hasil belajar IPS, untuk mengetahui pengaruh secara simultan antara pemberian tugas dan keaktifan terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Kebonsari 4 Malang. Metode yang digunakan adalah kuantitatif, karena penelitian ini disajikan dengan angka-angka. Jenis desain penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian 29 siswa, sedangkan sampelnya juga 29 siswa. Teknik pengambilan data dengan angket, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh pemberian tugas (X1) terhadap hasil belajar adalah 0,601 yang artinya ada pengaruh yang tinggi dari pemberian tugas (X1) terhadap hasil belajar. Pengaruh keaktifan belajar (X2) terhadap hasil belajar adalah 0.813 yang artinya ada pengaruh yang sangat tinggi dari keaktifan belajar (X2) terhadap hasil belajar. Dari Model Summary (b) diperoleh pengaruh antara pemberian tugas (X1) dan keaktifan belajar (X2) bersama terhadap hasil belajar adalah R sama dengan 0,839 yang artinya ada pengaruh yang sangat tinggi antara pemberian tugas (X1) dan keaktifan belajar (X2) terhadap hasil belajar.

Published
2019-12-17