Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 17 Malang Mata Pelajaran IPS

  • Rosalia Amul Universitas Kanjuruhan Malang
  • Yuli Ifana Sari Universitas Kanjuruhan Malang
  • Suwito Suwito Universitas Kanjuruhan Malang
Keywords: Problem Based Learning, Hasil Belajar

Abstract

Model Problem Based Learning merupakan model pembelajaran yang berpusat pada siswa yang menggunakan masalah autentik sebagai landasannya untuk penyelidikan dalam meningkatkan pengetahuannya dan mengembangkan keterampilan yang lebih tinggi dan meningkatkan kepercayaan diri sendiri. Mata pelajaran IPS merupakan pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered) sehingga siswa akan memiliki pengalaman yang langsung dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experimen) dengan desain penelitian Non equivalen Control Group Design.Variabel terikat dalam penelitian ini merupakan hasil belajar siswa dan variable bebas merupakan model pembelajaran problem based learning. Instrumen penelitian hasil belajar siswa menggunakan tes esai. Hasil nilai pre test dan post test, nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi nilai pre test 66,57 dan post testnya 90,1 sedangakan nilai kelas kontrol pre test dan post test nya 80,37. Hasil perhitungan analisis uji t menggunaka uji independen sample t-test dipeoleh data p level lebih kecil dari 0,05 (p<0,05) yaitu dengan taraf 0,00. Hasil perhitungan ini membuktikan bahwa model pembelajaran problem based learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa IPS.

Published
2019-12-17