Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Tiga Dimensi Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Matapelajaran Geografi Kelas X Semester II Di SMA Negeri 1 Sumberpucung Tahun Pelajaran 2018/2019

  • Marselinus Jinda Universitas Kanjuruhan Malang
  • Triwahyudianto Triwahyudianto Universitas Kanjuruhan Malang
  • Nelya Eka Susanti Universitas Kanjuruhan Malang
Keywords: Media Pembelajaran Tiga Dimensi, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan media tiga dimensi terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran geografi pada materi Karekteristik lapisan-lapisan bumi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sumberpucung. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen semu. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purpossive sampel. Sampel penelitian ini berjumlah 32 orang untuk kelas eksperimen dan 32 orang untuk kelas kontrol. Pengambilan data menggunakan instrumen tes hasil belajar berbentuk uraian. Hasil penelitian ini terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran tiga dimensi terhadap hasil belajar siswa dalaam mata pelajaran geografi pada materi Karekteristik lapisan-lapisan bumi. Hal ini juga dibuktikan dari hasil perolehan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji mann whitney terhadap post-test antara post-test kelas eksperimen dan post-test kelas kontrol menghasilkan nilai probabilitas (sig) 0,000. Dari hasil analisis yang telah dilakukan peneliti menunjukan taraf signifikan 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Selain itu dilihat dari hasil perhitungan post-test setelah diberi perlakuan media pembelajaran tiga dimensi sebanyak satu kali pertemuan dengan nilai rata-rata 87,34, lebih tinggi dibandingkan dengan hasil perhitungan post- test kelas kontrol dengan nilai rata-rata 81,71 yang diberi perlakuan sebanyak satu kali pertemuan dengan menggunakan media gambar ( gambar slide power point )

Published
2019-12-17