Analisis Pengembangan Pariwisata Religi Semana Santa Di Kecamatan Larantuka Kabupaten Flores Timur

  • Marselina Herin Ola Universitas Kanjuruhan Malang
  • Achmad Maulana Malik Jamil Universitas Kanjuruhan Malang
  • Roni Alim Ba’diyah Kusufa Universitas Kanjuruhan Malang
Keywords: Semana Santa, Strategi Pengembangan Pariwisata

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui faktor-faktor internal dan eksternal serta strategi dalam usaha pengembangan objek wisata religi Semana Santa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis SWOT. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian berbagai faktor baik internal maupun eksternal berpengaruh dalam pengembangan pariwisata religi semana santa. Faktor internal yaitu: daya dukung sosial, daya dukung budaya, daya dukung fisik, daya dukung ekonomi, daya dukung politik, dan daya dukung sumber daya lokal. Sedangkan pada faktor eksternal yaitu: jumlah dan karakter wisatawan, jenis aktifitas wisatawan, dan faktor lainya seperti sistem transportasi, penginapan, dan fasilitas perbankan. Sedangkan strategi yang di gunakan adalah (S-O), (W-O), (S-T) dan (W-T). Prioritas dalam strategi pengembangan objek wisata semana santa ini adalah melakukan perencanaan wilayah dan pembangunan hotel bertingkat serta dibukanya home stay. Selain itu juga perlu dilakukan promosi mengenai pariwisata religi semana santa ini sehingga lebih dikenal lagi dan juga lebih meningkatkan kreatifitas karya masyarakat setempat. Dan disediakannya tempat parkir disekitar objek wisata. Hal tersebut yang diharapkan menjadi prioritas utama yang harus diselesaikan.

Published
2019-12-17