Penerapan Model Jigsaw Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X SMA Kristen Petra Malang

  • Maria Zobaida Gracia Universitas Kanjuruhan Malang
  • Siti Halimatus Sakdiyah Universitas Kanjuruhan Malang
  • Rofi’ul Huda Universitas Kanjuruhan Malang
Keywords: Model Jigsaw, Keaktifan, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Besarnya peningkatan keaktifan belajar siswa kelas X SMA Kristen Petra Malang dengan menerapkan model Jigsaw. 2) Besarnya peningkatan hasil belajar siswa kelas X SMA Kristen Petra Malang dengan menerapkan model Jigsaw. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS SMA Kristen Petra Malang, dengan jumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dimana terdapat dua kali pertemuan pada tiap siklusnya. Kriteria keberhasilan penelitian yang ditetapkan untuk keaktifan belajar siswa adalah 75.00, peserta didik harus terlibat secara aktif dalam proses kegiatan pembelajaran dan keberhasilan penelitian yang ditetapkan untuk hasil belajar siswa adalah 75% dari, mengacu pada nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 75,00. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilaksanakan menunjukan bahwa pada siklus I persentase keaktifan 70% kategori aktif, sedangkan persentase hasil belajarnya 66% dengan nilai rata-rata 77 kategori cukup baik. Untuk siklus II persentase keaktifan 87% kategori sangat aktif sedangkan persentase hasil belajarnya 86% dengan rata-rata 80 kategori sangat baik. Untuk itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.

Published
2019-12-17