Analisis Penerapan Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Geografi Di SMA Negeri 6 Malang

  • Indrayani Kewa Keron Universitas Kanjuruhan Malang
  • Yuli Ifana Sari Universitas Kanjuruhan Malang
  • Suwito Suwito Universitas Kanjuruhan Malang
Keywords: Kurikulum 2013 Geografi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana proses pembelajaran geografi dengan menggunakan Kurikulum 2013 serta mengetahui kesulitan apa saja yang dialami oleh guru dalam pelaksanaannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 3 guru geografi SMA Negeri 6 Malang dan 6 siswa SMA Negeri 6 Malang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa (1) Pelaksanaan pembelajaran geografi Kurikulum 2013 yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, penlaian proses dan hasil belajar sudah tergolong baik, (2) kendala yang dialami guru geografi dalam penerapan kurikulum 2013 antara lain sulit merubah pola pikir guru dan siswa, disebabkan kurangnya kesiapan mental guru dan peserta didik dalam menghadapi kurikulum baru (Kurikulum 2013). Kurikulum 2013 bertujuan untuk mempersiapkan manusia Indonesia agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan afektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyrakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban dunia. Maka dapat disimpulkan bahwa SMA Negeri 6 Malang telah menerapkan Kurikulum 2013 pada mata pelajaran geografi sejak tahun ajaran 2014/2015, karena kandungan isi Kurikulum 2013 sebagai penyempurnaan dari KTSP, sehingga cakupanya lebih detail dan mengarah pada pengembangan potensi-potensi siswa secara menyeluruh sesuai dengan perkembangan zaman, baik pengembangan pengetahuan, keterampilan, sosial dan spiritual siswa.

Published
2019-12-17